Categories
Blooger News tutorial

Tips Sebelum Memilih/Mengganti Template Blog

Tips Sebelum Memilih/Mengganti Template Blog

All About Blogspot Templates :  Siapa yang tidak tergiur untuk berganti template, jika setiap saat bermunculan berbagai jenis themes blog dengan berbagai desain menarik. Belum lagi pengaruh fitur yang ditawarkan. Mulai dari SEO Friendly, Valid HTML5, Valid CSS3, Responsive desain, dan berbagai kelebihan lain dari templates standar.

Template blog merupakan komponen terpenting dan berharga dalam membangun blog, salah memilih template akan menimbulkan rasa tidak nyaman pengunjung saat berkunjung untuk membaca ataupun sekedar melihat-lihat blog kita.

Selain faktor tampilan yang menarik, ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dalam menentukan pilihan template. Yang jelas, tema yang dipakai harus sesuai dengan konsep dasar blog bersangkutan. 

Bagaimana cara agar kita tidak salah memilih template blog?  Berikut Tips Sederhana Dalam Memilih Template Blog, agar dikemudian hari tidak menyesal sehingga harus kembali mengutak-atik
code HTML yang njelimet bin ruwet karena harus berganti template baru. Disisi lain, jika terlalu sering gonta-ganti template akan berpengaruh buruk terhadap blog dimata search enggine.

Ok… langsung saja kita kepokok pembahasan, beberapa point penting yang perlu dipertimbangkan dalam mengganti template:

1. Pilih warna dan background yang padu atau serasi, usahakan jangan terlalu banyak warna pada blog karena hanya akan menambah kesan berantakan.

2. Kurangi widget, aksesoris atau script yang tidak perlu pada blog karena akan membuat berat loading blog bertambah, pengunjung lebih suka blog yang mempunyai loading cepat. Demikian juga search enggine. Template yang termasuk dalam kategori SEO Friendly jelas harus fast loading.

3. Pertimbangan Template yang SEO Friendly, sedikit harus di utamakan. Karena untuk bersaing dengan jutaan blog sejenis dikancah dunia internet, unsur ramah search enggine sangat diperlukan. Untuk rekomendasi templates SEO Ready disini.

4.  Lebih Baik Pilih Responsive templates. Kenapa? Dewasa ini, seiring dengan perkembangan tehnolgi, dalam mengakses internet, visitor sudah tidak terpaku menggunakan PC atau Laptop. Sebagian menggunakan gadget berupa handphone, tab, atau lain. Templates yang didesain responsive mampu menyesuaikan dengan screen/layar tampilan yang digunakan visitor. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat template responsive baca disini

5. Valid HTML5. Bagi beberapa blogger memvalidasi HTML merupakan langkah penting. Dengan begitu, kita memastikan bahwa halaman yang kita buat sudah sesuai dengan standar dan akan berjalan sempurna pada user agent dan browser web.

Membangun halaman web atau blog tidaklah sulit. Dengan perangkat lunak yang tersedia sekarang, kita dapat membuat halaman web dan itu pun dapat dicapai dalam waktu setengah jam atau malah kurang. Terus apakah kita perlu menjalankan validator HTML pada halaman yang kita buat untuk menemukan kesalahan? memang semuanya tidak perlu, akan tetapi jika kita ingin halaman tetap dapat dilihat sempurna melalui beberapa browser yaitu menampilkannya dengan benar, maka validasi HTML5 adalah sesuatu yang memang wajib di penuhi.

6. Tidak terlalu banyak banner, gambar, dan iklan yang terpasang. Kenapa? Karena keberadaan mereka cukup mengganggu fokus visitor dalam menikmati konten yang kita suguhkan. Jika pun harus, maka pertahankan yang memang benar-benar dianggap penting. Dan jangan berlebihan.

4. Cari referensi template blog yang dipakai oleh blogger professional, pelajari tata letak widget dan design blog mereka. Di blog ini banyak pilihan template he… he… promo dikit Mas Brooo…

Nah, demikian Tips Sebelum Memilih/Mengganti Template Blog ini. Sebenarnya, masih banyak lagi tips memilih template blog yang baik. Namun, pada intinya gunakan template yang enteng, ringan, dan rapi namun tetap elegan atau Anda juga bisa menggunakan template seo friendly yang sudah banyak disediakan para blogger. Sebagian gratis dan berkualitas tinggi.

Dan atau, jika anda rajin dan ahli coding, mungkin dapat melakukan modifikasi template sendiri. Agar, berbagai unsur penting sebuah template dapat terpenuhi. Cara ini jelas sangat baik, karena template yang digunakan bisa sesuai dengan selera, fungsi, dan keinginan sendiri.

8 replies on “Tips Sebelum Memilih/Mengganti Template Blog”

Mau tau kenapa saya posting artikel ini??? Soalnya blog saya memang penuh dengan berbagai jenis templates blogger. Dan ini artikel terselubung untuk membujuk temen-temen untuk ganti template, ngikuti trend CSS3, Valid HTML5, dan responsive templates

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *