Categories
Uncategorized

Gambaran dasar dalam membuat website toko online

Gambaran dasar dalam membuat website toko online
Website toko online saat ini memang menarik minat banyak orang. Gaya hidup dan kecendrungan manusia dalam berbelanja secara online, menjadi salah satu faktor penyebabnya.
 
Jika anda menjual suatu produk, saat ini anda tidak dapat hanya mengandalkan cara-cara konvensional. Anda harus mengikuti perkembangan zaman. Atau tertinggal oleh kompetitor anda yang sudah beralih ke dunia digital.
 
Ketika anda memutuskan untuk ikut berkompetisi di dunia online, maka hal utama yang harus dipersiapkan, adalah website. Memiliki wesbite toko online. Memang, anda mungkin bisa menggunakan media sosial atau menumpang berjualan di website milik orang. Seperti bukalapak, blibli, tokopedia dan lainnya.
 
Namun, memiliki website sendiri, anda memiliki keleluasaan. Dan tentunya, memberi kredit point atas usaha anda sendiri.
 
Ada beberapa opsi dalam membuat website toko online. Bisa dengan cara gratisan dan atau berbayar. Cara gratisan, anda dapat menggunakan layanan google dengan flatform blogspot. Atau wordpress.
 
Kedua flatform banyak pula digunakan blogger dalam membuat blog. Juga bisa diaplikasikan untuk web toko online. Ada beberapa hal yang ditawarkan;
 
Pertama, anda tidak perlu membeli hosting dan domain. Karena ke dua layanan raksasa ini, telah menyediakan space hosting tanpa batas. Anda dapat mengupload konten anda seberapa pun banyaknya. Sementara untuk domain, anda dapat menggunakan sub domain dari layanan tersebut.
 
Jika menggunakan layanan wordpres, anda bisa menggunakan sub domain; tokoanda.wordpress.com. Jika blogspot; anda akan mendapat domain, tokoanda.blogspot.com.
 
Sub-domain seperti ini; jelas mengindikasikan gratisan. Semua orang tahu. Opsinya, anda bisa membeli domain pribadi. Seperti; tokoanda.com. Ada banyak layanan penyedia domain. Harga normal, berkisar antara Rp.100 ribu sd. 150 ribu. Pertahun.
 
Sesuatu yang gratis, memang tidak akan memberi pengalaman lebih. Segala sesuatunya, serba terbatas. Anda hanya memiliki akses ke halaman admin. Tidak ke cpanel. Apa itu Cpanel? Akan dijelaskan ke para artikel terpisah.
 
Sementara, jika anda memilih untuk bermain lebih serius. Anda dapat membangun website profesional. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan jasa pihak ketiga. Anda tidak perlu belajar bahasa pemerograman atau coding. Anda dapat fokus pada marketing, penyiapan produk, hingga sistem penjualan.
 
Jika anda pemula, opsi ini, lebih saya rekomendasikan. Kebanyakan pelaku usaha yang berpikir bahwa membuat website toko line gratisan atau membuat sendiri itu, hemat. Namun, ketahuilah; anda perlu banyak belajar agar sebuah website benar-benar dapat bersaing secara global di internet. Sebagian besar akhirnya menyerah kalah, karena waktu malah habis digunakan untuk belajar. Sementara, potensi transaksi belum tentu didapatkan.
 
Menggunakan jasa pihak ketiga, dapat saya katakan cukup bijaksana. Anda dapat lebih fokus ke hal-hal utama. Hal-hal yang memungkinkan sistem management anda terkelola dengan baik. Memang anda akan mengeluarkan biaya lebih, tapi itu akan sebanding dengan perputaran bisnis anda.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat website toko online

Anda boleh saja menggunakan jasa pihak ketiga dalam membuat toko online. Namun, anda tentunya tetap harus mengetahui hal-hal dasar yang perlu dipersiapkan. Setidaknya, membuat anda tidak benar-benar buta, dalam mekanisme pembuatan website.
 

Berikut gambaran sederhana yang perlu anda ketahui dalam membuat web toko online;

  1. Nama domain
  2. Web hosting tempat penyimpanan data website & konten.
  3. Platform toko online. Seperti; WordPress dan WooCommerce.
  4. Tema website
  5. Riset keyword
  6. Penyiapan materi iklan berbayar

Walau pun anda menggunakan jasa pihak ketiga dalam pembuatan website. Ada baiknya, anda telah menyiapkan materi yang akan diimplementasikan dalam pembuatan website. Seperti deskripsi toko online anda. Semacam company profil atau artikel singkat tentang produk apa saja yang akan anda jual di website.
 
Ada beberapa bagian; yang biasanya menjadi bagian dari sebuah website. Landing page atau halaman squeeze. Halaman ini adalah halaman utama. Biayanya, berbagai keterangan tentang website dan produk anda dijelaskan disini. Dimana akan dipasang link yang mengaraha pada halaman lain. Seperti; form pemesanan, info kontak, dll.
 
Di landingpage, juga bisa dimunculkan display produk. Mewakili seluruh produk anda.
Layoutnya web toko online memiliki struktur tersendiri. Tidak harus sama persis. Namun, secara umum yakni;
  1. Home; bisa berupa landingpage atau “squeeze page”. Bisa juga disebut sebagai laman pengantar.
  2. About; sebuah halaman yang menjelaskan toko online anda. Bisa berupa profil singkat, visi, dan lainnya.
  3. Halaman produk; halaman dengan fitur yang memuat photo2 produk. Deskrip dan biasanya telah dilengkapi tombol fungsi yang mengarah ke transaksi.
  4. Halaman Blog; adalah halaman khusus yang menampilkan artikel-artikel di website. Artikel pada website dapat meningkatkan jumlah kunjungan yang berpotensi terjadinya transaksi.
  5. Halaman Cara Pemesanan; halaman ini cukup penting. Biasanya berisi tentang petunjuk cara pemesanan, metode pembayaran dll.
  6. Halaman Kontak; halaman berisi info website, pemilikl, alamat, hingga form contact.

 
Demikian gambaran dasar dalam membuat website toko online. Semoga bermanfaat..
Sumber: Web Design Proses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *