Categories
Web Development

Publikasikan website baru Anda dengan cara yang benar

Menerbitkan atau membuat website, bagi banyak webmaster adalah pekerjaan rutin. Dan untuk pembuatan website sederhana, dapat online dalam hitungan menit.

Itu teorinya, tetapi ada banyak kesalahan yang bisa Anda lakukan. Tentu banyak yang tidak berbahaya. Dan sebagian besar dari Anda, akan menyebut nya “tidak penting”.

Tentu, website tidak akan rusak. Jika deskripsi meta hilang, tetapi bagaimana ini untuk pengunjung (mungkin) Anda, dan Google?

Makanya, ada begitu banyak layanan jasa pembuatan website, dalam menjaring konsumen, seringkali menawarkan harga yang sangat murah. Bahkan, gratis!..

Namun, membuat website, seharusnya, bukan hanya sekedar jadi. Online. Saat website selesai dibuat, pekerjaan sebenarnya baru saja dimulai. Itu jika Anda ingin, website Anda mampu menjadi sumber pendapatan, atau potensi bisnis.

Nah, jika Anda berpikir untuk menjadikan website Anda menjalankan potensi bisnisnya, berikut list yang harus anda periksa. Dan tentunya, dikerjakan. Dengan baik dan benar.

Unggah URL, tautan, dan jalur gambar

Jika website baru Anda merupakan pembaruan, Anda perlu mengarahkan halaman lama ke URL baru.

Mungkin saja, website Anda memiliki struktur situs baru yang lengkap. Di mana hampir tidak mungkin, untuk mencocokkan URL situs Anda.

Jika website Anda dibuat di WordPress, Plugin Redirection sangat membantu. Untuk sebagian besar situs lain, Anda perlu menambahkan aturan pengalihan ini, di file .htaccess.

Gunakan 301 redirect, dan berikan “link” ke URL baru Anda.

Uji juga semua tautan keluar, jika situs Anda besar, Anda harus menggunakan alat pemeriksa tautan. Ada banyak alat desktop dan layanan online yang tersedia. Cobalah beberapa di antaranya dan gunakan yang paling sesuai untuk Anda.

Jika Anda membuat website Anda di lokasi pengujian, ada kemungkinan bahwa, sebagian atau semua gambar Anda, menunjuk ke lokasi pengujian. Ubah jalur gambar ini, karena setelah lokasi pengujian Anda hilang, Anda akan mendapatkan banyak tautan gambar yang rusak.

Optimisasi Mesin Pencari

Ada banyak hal kecil yang dapat Anda lakukan, untuk memberi peringkat situs Anda lebih baik di Google, atau mesin pencari lainnya.

Berikut adalah daftar langkah yang harus Anda ikuti untuk semua website baru dan yang diperbarui:

  • Buat selalu robots.txt. Dan blokir semua file/direktori yang tidak Anda ingin di indeks Google. Jangan lupa untuk menghapus blok sementara Anda, yang ditambahkan saat membangun situs di lokasi pengujian Anda, (atau Google akan mengabaikan website Anda!).
  • Gunakan hanya sub-domain www untuk situs Anda. Dan arahkan permintaan dari domain Anda ke varian www. Bagi banyak orang, alamat website selalu dimulai dengan www. Bayangkan saja jika tautan masuk Anda mulai dengan varian www, sementara situs Anda mengarahkan mereka ke alamat non-www. Sebagian besar jus tautan hilang, selama pengalihan ke URL yang diperbaiki.
  • Periksa di templat Anda, bahwa elemen H1 selalu hanya ada satu kali. Jangan memilikinya lebih dari satu kali di halaman yang sama.
  • Tambahkan atribut ALT untuk semua gambar yang digunakan di website Anda. Gunakan deskripsi “alami” dan singkat untuk gambar.
  • Gunakan deskripsi META yang unik dan relevan, untuk semua halaman yang Anda butuhkan untuk diindeks oleh Google. Deskripsi META tidak akan membantu situs Anda untuk peringkat yang lebih baik, tetapi deskripsi yang baik akan meningkatkan RKPT Anda di hasil Google.
  • Gunakan tag robot “noindex, follow” untuk semua halaman dengan konten yang tidak unik.
  • Gunakan tautan kanonik untuk semua halaman Anda, periksa informasi dari Google, jika Anda perlu tahu lebih banyak tentang elemen tautan ini.
  • Gunakan judul halaman yang deskriptif dan relevan (elemen judul) untuk semua halaman Anda, jangan terlalu lama, dan jangan pernah membuangnya dengan terlalu banyak kata kunci.
  • Miliki sitemap Google XML. Dan tambahkan URL sitemap, ke file robots.txt Anda.
  • Jika website Anda dibuat dengan WordPress, pastikan Anda mengubah pengaturan privasi (Izinkan mesin pencari mengindeks …)
  • Di WordPress, jangan gunakan tautan internal, tanpa garis miring, jika pengaturan perma Anda memiliki garis miring.
  • Tambahkan tag robot “noindex” ke semua umpan RSS Anda.
  • Pengujian lintas browser
  • Mozilla Firefox dan Google Chrome, adalah browser web favorit, bagi sebagian besar pengembang web (85% pengunjung dari blog ini menggunakan browser semacam itu). Jangan lupa, masih ada orang yang menggunakan Internet Explorer, untuk mengunjungi website Anda. Uji website Anda di browser yang paling umum di bidang Anda, periksa klien web paling populer di Google Analytics, atau perangkat lunak statistik web lainnya. Perbaiki semua masalah penting, kadang-kadang kesalahan kecil di IE, dapat membutuhkan banyak waktu untuk memperbaikinya, memutuskan apakah cukup layak untuk menghabiskan waktu itu.

Ini hanya daftar dengan cek umum, jika Anda tahu lebih banyak, silakan bagikan, Anda bisa menjadi kontributor website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *