Jadi apa itu SEO?

Apa itu SEO

SEO adalah akronim untuk Optimasi Mesin Pencari. Sederhananya, ini adalah proses membuat situs web Anda menjadi situs dengan peringkat lebih baik di mesin pencari daripada situs web lain dengan niche atau pasar yang sama seperti milik Anda. Jadi apa itu SEO dan mengapa ini penting?

Materi ini bersumber dari salah satu layanan Jasa SEO Jakarta dimana telah memberikan beberapa gambaran nyata tentang teknik SEO dan strategi dalam optimasi website untuk mendapat peringkat di Google.

Dan, jika Anda ingin menjadi penyedia Jasa SEO Profesional atau setidaknya ingin mengoptimasi website untuk meningkatkan traffic dari mesin pencari, maka artikel ini penting untuk Anda baca.

Masalah Mesin Pencari

Mesin pencari adalah cara besar untuk mendapatkan lalu lintas ke situs Anda – yaitu jika Anda memiliki konten yang tepat. Orang yang berselancar di internet hampir selalu mencari informasi yang mereka butuhkan. Jika situs Anda menyediakannya tetapi tidak muncul ketika mereka mencarinya, maka situs Anda hampir tidak berguna.

Visibilitas adalah kuncinya

SEO membuat situs Anda lebih terlihat oleh pengguna internet. Pemasaran adalah tentang mendapatkan lebih banyak orang untuk melihat apa yang Anda jual atau promosikan. SEO seperti pemasaran di mesin pencari. Ini adalah cara yang bagus untuk memberi tahu orang-orang yang menggunakan mesin pencari: “Hei, lihat, saya mendapatkan apa yang Anda butuhkan”. Dan ingat, mayoritas, jika tidak semua, orang menggunakan mesin pencari.

Jadi bagaimana sekarang?

Pada dasarnya, itulah SEO. SEO membuat lebih mudah bagi orang-orang untuk menemukan Anda dipasarkan dengan persaingan kata kunci di mesin pencari. Tidak ada satu cara untuk melakukan SEO.

Sumber:

SEO dalam 2 istilah sederhana

SEO adalah topik yang sangat luas. Anda dapat mengetik ‘SEO’ di internet dan mendapatkan hasil tanpa akhir. Ini tren yang sedang muncul dan banyak informasi dapat membingungkan. Saya lay out SEO secara sederhana dalam posting ini. Apa itu SEO dalam istilah sederhana?

SEO membantu mesin pencari menemukan Anda

SEO membuat situs Anda lebih terlihat dan transparan ke mesin pencari. Memang benar bahwa Google memiliki sistem peringkat halaman (mirip dengan sistem poin di mana mereka menambah dan mengurangi poin dari Anda) tetapi itu adalah sekunder. Tujuan utama SEO harus menghubungkan situs Anda ke mesin pencari.

SEO membantu orang menemukan Anda di mesin pencari

Web 2.0 telah menjadikan segalanya di web lebih pribadi. Orang tidak ingin terlihat keras untuk situs Anda. Orang tidak ingin keluar dari diri mereka sendiri untuk mencari informasi. Mereka menginginkannya cepat, 1-2-3 booming! SEO memungkinkan dengan membuat situs Anda lebih langsung dan fokus pada kata kunci tertentu yang kemungkinan besar akan dicari orang ketika mereka menginginkan informasi yang disediakan oleh situs Anda.

Pada dasarnya itulah keberadaan SEO. Itu yang paling sederhana yang bisa didapat. 

7 hal sederhana untuk SEO website

Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa yang sebenarnya penting dalam SEO? Hal apa yang membuat peringkat situs Anda lebih tinggi? Apa yang akan membuat peringkat Google Anda lebih baik? Apa bahan rahasianya? Saya berbicara tentang 7 hal sederhana yang penting dalam SEO situs Anda:

1. Kata kunci

Kata kunci penting karena membuat situs Anda spesifik di mesin pencari. Kata kunci yang bagus berfungsi dua arah, mereka membuat situs Anda spesifik untuk mesin pencari dan mereka membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk mengidentifikasi target pasar Anda.

2. Konten

“Konten adalah raja” adalah apa yang akan dikatakan analis SEO Organik kepada Anda. Saya setuju. Bahkan jika Anda topi hitam, konten akan selalu penting untuk SEO situs Anda. Ini adalah daging sapi, bagian daging. Karena itu menentukan jumlah pembaca pengguna Anda karena itu menentukan lalu lintas situs Anda.

Konten Anda harus konsisten dengan kata kunci situs Anda. Mereka harus setara satu sama lain, jika tidak keduanya tidak akan berguna. Konten Anda juga harus setara dengan meta data Anda.

3. Data meta

Data meta, atau meta tag seperti beberapa orang lebih suka menyebutnya, adalah kata-kata yang disembunyikan di header situs Anda. Itu dibaca oleh Google tetapi sumber mengatakan kepada saya bahwa itu tidak digunakan untuk menentukan peringkat halaman situs Anda (karena beberapa orang gila menggunakannya untuk isian kata kunci).

Data meta penting walaupun tidak digunakan oleh Google untuk peringkat karena itu menambah bobot kata kunci Anda dan juga menentukan tentang apa situs Anda (karena Google menggunakan deskripsi meta Anda sebagai kutipan di halaman hasil pencariannya)

4. Gambar

Gambar situs Anda sering diabaikan ketika datang ke SEO. Jangan meremehkannya. Teks alt yang datang dengan gambar Anda sangat penting ketika orang mencari gambar tentang niche Anda. Itu juga meningkatkan pembaca situs Anda – meningkatkan lalu lintas.

5. URL

Nama domain Anda penting. Jika tidak ada hubungannya dengan konten situs web Anda, Anda tidak benar-benar kehilangan poin Google – Anda hanya tidak memperoleh apa pun. Jika Anda benar-benar serius tentang SEO Anda, lebih baik memiliki nama domain yang terkait dengan kata kunci, konten, dan tag meta Anda.

6. Tautan balik

Ini adalah pendongkrak peringkat halaman luar situs yang penting di menu Google. Tautan balik menentukan apakah situs Anda naik atau tetap di sudut pecundang. Web 2.0 telah menjadikan internet tempat yang lebih ramah. Situs Anda juga harus mudah bergaul! Jika tidak dikenali oleh situs web lain yang relevan dengan Anda, Anda tidak akan mendapatkan poin Google.

Anda harus memiliki backlink yang relevan dan berkualitas jika Anda ingin meroket situs Anda ke bagian atas hasil pencarian. Itu cara Google.

7. Keramahtamahan manusia

Tidak peduli seberapa kuat kata kunci, konten, dan data meta Anda, jika orang tidak dapat memahaminya, itu adalah pecundang. Percuma saja. Berapa persen dari populasi yang dapat memahami SEO dalam istilah teknis? Hanya manajer dan pencari SEO.

Orang normal tidak akan dapat memahami SEO dalam hal teknis. Anda harus membuatnya sederhana untuk mereka. Anda harus membuatnya ramah manusia. Sederhana karena di situlah pasar berada!

Terapkan itu!

Sekarang setelah Anda mengetahui 7 hal sederhana yang penting dalam SEO situs Anda, cobalah! Terapkan itu! Lihat cara kerjanya untuk Anda!

Mengapa spesialis SEO terbaik adalah marketing

Menjadi spesialis SEO, saya menyadari bahwa SEO bukan tentang menjadi programmer terbaik untuk memahami sistem Google. Ini tentang peringkat di halaman hasil mesin pencarian Google karena Anda relevan dan Anda ingin memasarkan sesuatu melalui keberadaan di halaman pertama.

Bagaimana Anda memandang perusahaan sangat penting. Orang-orang IT bukan pemasar. Programmer bukan pemasar. Mereka hanya tidak berpikir seperti seorang pemasar. Saya tidak menggeneralisasi mereka tetapi kebanyakan dari mereka tidak memiliki percikan pemasaran di dalamnya. Mereka lebih ke dalam aspek teknis SEO. Dan aspek teknis tidak terlalu diperhitungkan.

SEO memiliki dasar bermain dengan kata-kata. Kata kunci Anda adalah dasar dari SEO situs Anda. Kata kunci yang salah berarti fondasi yang salah, yang berarti bahwa seluruh struktur SEO Anda dibangun di atas landasan yang salah.

SEO juga merupakan permainan pikiran. Esensinya adalah masuk ke benak pelanggan Anda dan berpikir seperti mereka. Hanya pemasar terbaik yang bisa melakukan itu. Dan itu tidak berhenti sampai di situ – ini juga bersifat teknis. Anda harus berpikir seperti pelanggan Anda (mengetahui apa yang diinginkan pelanggan) dan kemudian tahu apa kata kunci yang kemungkinan besar diketik oleh pelanggan Anda di Google agar perusahaan Anda dapat ditemukan secara relevan.

Spesialis SEO terbaik yang saya tahu bukan orang ITU. Mereka bukan pemrogram atau pembuat kode. Mereka adalah pemasar. Mereka tahu cara mendapatkan merek atau produk mereka di luar sana dan mereka menggunakan SEO sebagai salah satu alat yang penting untuk melakukan pekerjaan itu.

SEO itu tanpa batas

SEO tidak memiliki pedoman langsung untuk membuat peringkat halaman Anda lebih tinggi. Itu tidak memberi tahu Anda bagaimana menjadi situs kompetitif, tidak memberi tahu Anda bagaimana situs Anda akan masuk ke hasil pencarian halaman 1. Itu tidak memberi tahu Anda itu rahasia. Anda harus mengetahuinya sendiri.

Dan itulah yang dilakukan sebagian orang

Beberapa orang melakukan metode coba-coba. Pertama, mereka mencoba untuk mengetahui metode apa yang dapat dihukum oleh Google (yang merupakan mesin pencari teratas berdasarkan pengguna) dan metode apa yang legal, kemudian mereka mencoba ide-ide baru dengan harapan entah bagaimana meningkatkan peringkat halaman mereka. Beberapa dari ide-ide ini terbukti benar sementara beberapa masih dalam tabung reaksi.

Selama Anda tahu apa yang salah, Anda tahu bagaimana menghindarinya

Mari kita hadapi itu, perusahaan tidak akan mempekerjakan analis SEO white-hatter karena butuh bertahun-tahun bagi mereka untuk meningkatkan peringkat halaman situs. Jalan topi putih adalah jalan panjang. Butuh banyak waktu. Ya itu tidak diragukan lagi bersih dan legal, tetapi perusahaan tidak akan suka ketika mereka mengeluarkan banyak uang pada Anda hanya karena Anda bersih dan seorang praktisi SEO yang baik. Hei, saya jujur ​​di sini. Bagi perusahaan, bisnis adalah bisnis. Jika Anda tidak mengirim, mereka akan menemukan seseorang yang bisa. Saya tidak mendorong orang untuk menjadi pembenci hitam. Saya mendorong orang untuk menjadi pemikir. Jangan melakukan hal ilegal tapi jangan menggunakan metode imut imut topi putih. Kemungkinannya adalah, Anda akan dipecat.

Jadi apa yang belum ditemukan dalam SEO?

Yah, secara pribadi saya tidak akan mengatakan saya seorang pembeli topi hitam, meskipun saya diajar dan dilatih untuk menjadi. Tetapi saya telah menemukan banyak cara di mana Anda dapat menjelajahi algoritma Google. Saya sendiri seorang programmer dan saya tahu bahwa tidak ada algoritma satu arah untuk melakukan suatu program. Ada jutaan.

Dan jika ada jutaan cara untuk membuat algoritma, itu hanya berarti ada jutaan cara untuk berkeliling kode. Saya tidak mengatakan ada jutaan cara untuk menelusuri algoritma Google, tetapi masih ada beberapa.

Jadi apa yang akan kita lakukan selanjutnya?

Pertama dan terpenting Anda harus tahu cara kerja Google dalam hal mesin pencari dan laba-laba mereka. Jika Anda tidak mengetahuinya, Anda tidak akan pernah tahu bagaimana mengatasinya. Mengetahui lawan Anda adalah setengah pertempuran.

Jika Anda tahu apa yang penting di mesin pencari Google, maka Anda tahu apa yang penting bagi situs Anda. Google memiliki banyak hal untuk dilihat ketika memberi peringkat pada sebuah halaman. Beberapa di antaranya adalah tajuk, kata kunci, relevansi artikel Anda, dan yang paling penting, tautan balik.

Mengetahui bagaimana hal-hal ini memengaruhi mesin pencari Google adalah mengetahui cara mengendalikannya demi keuntungan Anda. Mesin pencari tidak pernah sama dalam beberapa tahun. Mereka terus meningkat dan berubah dan begitu juga Anda. Itulah sebabnya analis SEO yang baik adalah peneliti dan pengamat yang sangat baik – karena mereka tahu cara mengadopsi untuk berubah dan mereka tahu cara mengalahkannya.

Seni SEO

Banyak praktisi SEO di dunia kita saat ini melihat SEO sebagai tugas. Mereka melihatnya sebagai pekerjaan. Mereka melihatnya sebagai sekelompok kuota yang harus mereka capai. Dan jika Anda tidak menyukai apa yang Anda lakukan, kemungkinan besar Anda adalah salah satu dari mereka. Yah saya katakan SEO adalah seni.

Gambar besar

Ketika Anda melihatnya dalam skala yang lebih besar, Anda tidak dapat melakukan SEO tanpa strategi dan rencana. Strategi dan rencana itu hanya dapat dibuat ketika Anda benar-benar memahami bisnis dan pelanggannya. Satu-satunya cara Anda dapat memahami bisnis dan pelanggan adalah berinteraksi langsung dengan mereka dan mencoba merasakannya sendiri.

Itu penugasan, ya dan itu juga banyak pekerjaan. Tetapi mencoba merumuskan strategi spesifik untuk perusahaan tertentu hanya bisa menjadi bentuk seni – tidak ada peta untuk melakukannya dan Anda tidak terikat oleh undang-undang tertentu. Itu tanpa bentuk. Strategi SEO Anda harus dibentuk dan dilacak oleh Anda – Anda adalah artisnya.

Ketika Anda memikirkan SEO sebagai seni, itu mengubah segalanya.

Seorang seniman menaruh gairah dalam karyanya dan orang-orang melihatnya. Semangat khusus itulah yang akan menarik orang. Di internet, gairah khusus itulah yang akan memisahkan upaya SEO Anda dari yang lain.

Membangun hanya satu kampanye SEO sudah bisa menjadi tugas yang menakutkan. Ini semua tentang meneliti dan mempelajari desain yang Anda inginkan (riset kata kunci) kemudian menetapkan fondasi (pada optimasi situs) dan setelah itu, Anda menuju jejaring sosial dan membangun backlink (optimasi situs) – yang akan mengarah pada penelitian lebih lanjut, studi dan promosi (pemantauan analitik dan optimisasi konversi).

Alat SEO

Sama seperti pelukis memiliki kuas cat dan kanvasnya, kami punya kuas kami – sebagian gratis dan ada juga yang tidak. Tapi intinya, kita harus menggunakan alat untuk membuat seni kita lebih baik. Alat SEO terdiri dari alat penelitian kata kunci, alat analisis backlink, lalu lintas dan alat analisis tren, media sosialitas media dan alat analisis, dll … Bahkan, SEO mungkin hanya pekerjaan yang memiliki jumlah alat yang hampir tak terbatas tersedia.

Saya di sini hanya untuk menginspirasi Anda untuk memperlakukan diri sendiri sebagai seorang seniman. Menginspirasi orang lain dengan pekerjaan Anda. Bahkan jika SEO dipelajari dan dipantau oleh analitik dan angka, di bagian belakangnya, seni Anda sedang bekerja. Saya percaya bahwa spesialis SEO adalah seniman pemasaran generasi internet.

Ini adalah salah satu industri terbaik yang ada saat ini – karena semua bisnis sedang online, algoritma mesin pencari dan fitur terus berubah, informasi tersebar luas, uang di internet telah bergulir dan bergulir, pelanggan tidak pernah kehabisan, itu adalah zero-sum-game … Perlu saya katakan lebih banyak?

Pembuatan tautan SEO dan otoritas situs Anda

Kita semua telah mendengar tentang gemerincing dan sorakan membangun tautan dalam SEO di seluruh web. Membangun tautan adalah salah satu praktik paling penting dari SEO di luar sana. Dalam artikel ini saya hanya ingin menekankan betapa pentingnya membangun tautan di SEO situs Anda.

Data dari SEOmoz mengatakan bahwa pembuatan tautan setidaknya 42% dari peringkat halaman situs Anda. Inilah rinciannya:

  • 22% Tautan Popularitas dari Halaman Tertentu
  • 20% Anchor Text of External Links
  • 42% adalah angka yang sangat, sangat besar. Seberapa besar itu? Baiklah mari kita lihat sisanya
  • dari rincian:
  • 24% Kepercayaan / Otoritas dari Domain Host
  • 7% Lalu Lintas dan Data Klik-Tayang
  • 6% Metrik Grafik Sosial
  • 5% Data Pendaftaran dan Hosting
  • 15% Penggunaan Kata Kunci Di Halaman

Apakah Anda melihat bahwa 24% – otoritas / kepercayaan dari domain host? Yah sebagian besar dari itu 24% juga didasarkan pada tautan Anda. Mengapa? Karena Google atau mesin pencari lainnya tahu bahwa jika Anda memiliki lebih banyak tautan, Anda mungkin situs yang dapat dipercaya.

Tidak semua tautan dibuat sama. Dan tidak semua tautan berharga. Tidak semua tautan memberi jus situs Anda lebih banyak. Jadi apa yang membuat tautan bagus?

Relevansi situs

Jika situs web dari mana tautan berasal adalah situs yang memiliki konten yang relevan atau fokus dengan situs Anda maka itu membuat tautan itu sangat berharga. Tautan diverifikasi oleh mesin pencari jika situs yang terhubung relevan satu sama lain. Semakin relevan tautan, semakin baik nilai tautan itu.

Otoritas dan reputasi situs

Tautan yang berasal dari situs web yang dianggap oleh mesin pencari sebagai situs yang tepercaya dan tepercaya akan memiliki nilai dan bobot lebih saat tautan ke situs web Anda. Situs web yang baru dan yang akan datang memiliki otoritas dan reputasi yang kurang karena fakta bahwa domain mereka masih muda dan belum mendapatkan kepercayaan dan reputasi yang dibutuhkan oleh mesin pencari.

Tentu saja, alasan di balik ini adalah karena ada begitu banyak situs spam di luar sana yang dengannya Anda dapat dengan mudah memperoleh tautan. Tetapi karena situs-situs tersebut memiliki reputasi buruk dan tidak memiliki otoritas sama sekali, Anda akan dipaksa untuk berpikir dua kali untuk mendapatkan tautan dari mereka sekarang karena Anda tahu bahwa mesin pencari menghargai tautan yang berasal dari situs dengan otoritas dan reputasi. Mendapatkan tautan dari situs yang tidak berguna, spam sama dengan mendapatkan angin dan memasukkannya ke dalam botol – itu sama sekali tidak berharga.

Jangkar teks

Teks Anchor adalah teks yang digunakan untuk menghubungkan Anda misalnya: Teks Anchor ke SEO-Hacker

Ini sangat penting karena mesin pencari membacanya karena fakta bahwa itu segera memberitahu mereka betapa relevannya informasi situs Anda dengan situs web yang menghubungkan Anda dan mengapa itu menghubungkan ke Anda. Ini adalah alasan atau ‘mengapa’ situs web terhubung ke siapa pun yang terhubung dengannya. Dan itu ‘mengapa’ sangat penting bagi mesin pencari. Bayangkan saja Anda beralasan dengan mesin pencari tentang alasan Anda memberikan tautan ini ke situs khusus ini.

Tiga hal ini harus menjadi fokus Anda ketika Anda mendapatkan tautan dari situs web lain. Itu tidak mudah – Anda harus mempelajari apakah situs tersebut memiliki otoritas, reputasi, dan kepercayaan yang kredibel, apakah mereka akan memberi Anda jangkar teks yang baik dan apakah mereka relevan dengan situs web Anda. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang tautan, Anda dapat mencari sumber yang sangat bagus di situs Penasihat E-niaga.

Bagaimana Mendefinisikan Black Hat SEO?

Apa itu Black Hat SEO? Ini adalah praktik yang berhubungan dengan strategi tidak etis yang diarahkan untuk meningkatkan peringkat situs tertentu. Mereka yang menggunakan taktik semacam ini tidak mengikuti pedoman mesin pencari, itulah sebabnya Anda harus menghindari jenis SEO ini dengan cara apa pun.

Optimasi mesin pencari dapat dilakukan dengan berbagai cara. Fleksibilitas dan batasnya hampir tidak terbatas. Ada dua cara atau metode populer untuk melakukan SEO dan mereka disebut metode ‘Topi putih’ dan metode ‘Topi hitam’. Anda adalah salah satu dari keduanya atau Anda berada di antara keduanya.

Saya ingin membuat posting saya sederhana dan singkat sehingga para pemula dalam profesi khusus ini akan mudah mengerti. Untuk posting ini, saya akan fokus pada metode topi hitam.

Hal pertama yang pertama, mengapa itu disebut ‘topi hitam’? Saya yakin banyak dari kita telah memainkan game RPG di PlayStation ketika kita masih kecil. Akan selalu ada karakter ‘penyihir hitam’ di suatu tempat dalam permainan. Ilmu hitam dikenal sebagai sisi gelap seni. Ini digunakan untuk menghancurkan, melukai atau membunuh (yang merupakan kebalikan dari sihir putih). Istilah ‘topi hitam’ telah diturunkan dari konsep ini. Mengapa?

Karena metode topi hitam digunakan untuk melukai beberapa situs web (dan kadang-kadang bahkan Anda sendiri) agar Anda dapat memperoleh jus Google. Ini dulunya sah sampai beberapa orang mulai menyalahgunakan praktik ini, yang menyebabkan mereka pada umumnya disukai oleh mesin pencari dan komunitas SEO pada umumnya. Sekarang jika Anda ketahuan menggunakan seni gelap SEO ini, Anda berisiko membuat situs web Anda diblokir dari mesin pencari – yang pasti akan merugikan karena 89% orang menggunakan mesin pencari untuk menjelajahi internet.

Jika Anda dilarang dari mesin pencari, itu juga akan merusak merek Anda, yang kemungkinan besar Anda coba buat. Dan mencoba membangun kembali setelah mendapatkan hukuman karena teknik topi hitam? Semoga beruntung dengan itu. Reputasi sangat penting di internet hari ini. Itulah sebabnya ada hal yang disebut ‘Manajemen Reputasi Online’ dan ‘manajemen reputasi mesin pencari’ – 2 layanan (yang saya sediakan dengan cara).

Contoh Praktik SEO Black Hat:

Isi Kata Kunci

Isi kata kunci adalah seni mengemas kata kunci ke situs Anda, bahkan ketika itu tidak masuk akal lagi. Ini sangat menurunkan keramahan pengguna dan reputasi informasi dan kualitas situs Anda dengan imbalan kenaikan peringkat sementara. Meskipun ini adalah sesuatu yang Google dapat mengendus lebih cepat saat ini, masih sangat mungkin bahwa pengguna dapat menemukan masalah ini.

Meskipun penting untuk mendapatkan peringkat kata kunci, penting juga untuk memastikan bahwa konten yang Anda tulis akan menjadi alami dan informatif dan bukan sesuatu yang hanya akan menghasilkan lonjakan sementara dalam lalu lintas.

Teks dan Tautan Tak Terlihat

Menggunakan teks tak terlihat hanya dengan meletakkan beberapa kata kunci dengan warna yang sama dengan latar belakang Anda sehingga tidak akan terlihat oleh pengunjung situs. Sekilas, halaman-halaman web ini mungkin terlihat mirip dengan halaman-halaman biasa, tetapi sebuah kursor sederhana di atas mouse Anda (atau dengan menekan ctrl + a) dan Anda akan dapat melihat teks yang tersembunyi. Ini adalah upaya untuk menambahkan lebih banyak karakter dan kata kunci ke halaman web untuk meningkatkan peringkat tetapi juga merupakan taktik yang mencoba memanfaatkan algoritma Google.

Demikian juga, tautan tersembunyi adalah masalah lain juga. Mungkin ada saat-saat ketika Anda akan menemukan halaman yang tiba-tiba membawa Anda ke halaman yang berbeda meskipun tidak dapat melihat tautan yang Anda klik. Teknik membangun tautan negatif ini tidak hanya bertujuan menyesatkan tetapi juga membuat laman web berkualitas rendah yang tidak akan mendapatkan kunjungan.

Baru-baru ini, ini adalah sesuatu yang Google langsung dapat melacak dan menghukum, tetapi banyak halaman web yang menerapkan teknik ini tetap.

Halaman doorway

Halaman doorway adalah halaman web atau kumpulan halaman web yang hanya disiapkan sebagai tiruan. Ini dilakukan untuk spider mesin pencari untuk merayapi tautan dan kata kunci untuk situs utama (yang mungkin akan dituju oleh laman doorway). Biasanya, pengguna tidak akan pernah melihat atau menemukan halaman ini.

Ini hanya beberapa praktik yang digunakan oleh praktisi SEO topi hitam. Ada banyak lagi. Dan bahkan sekarang, yang baru sedang dalam pengembangan.

Cloaking

Salah satu teknik SEO topi hitam tertua, penyelubungan adalah tindakan menyesatkan pengguna ke dalam konten yang tidak mereka cari. Bayangkan mencari kata kunci seperti “sekolah” dan mengklik tautan ke situs web terkait, hanya untuk mengarah ke set konten yang sama sekali berbeda. Ini adalah praktik yang biasa dilakukan untuk menghasilkan lalu lintas ke situs web. Namun, teknik ini menyesatkan, yang secara serius mengurangi pengalaman pengguna, dan dapat menyebabkan Google menghukum situs web Anda.

Kualitas dan otoritas situs web diukur melalui kepercayaan dan konten informatif, yang berarti segala bentuk kesalahan informasi yang disengaja akan selalu negatif pada situs web. Yang terbaik adalah memastikan bahwa tautan Anda sampai ke halaman yang tepat, karena ini tidak hanya akan membuat GoogleBot merayapi, tetapi juga mendatangkan lebih banyak lalu lintas dan jus tautan yang sangat dibutuhkan.

Link Farms

Tautan sangat penting dalam menghasilkan lalu lintas ke situs web apa pun dan memungkinkan pengguna menemukan dan menghubungkan konten baru. Hal ini menjadikan tim pembangun tautan elemen yang sangat penting untuk upaya SEO apa pun, karena taktik seperti blog tamu dan tautan keluar adalah beberapa metode penghasil lalu lintas terbaik. Namun, beberapa orang telah menciptakan metode untuk menyalahgunakan sistem ini, mengarah ke halaman web yang tujuannya hanya untuk menempatkan jumlah tautan yang melimpah, dengan hampir tidak ada konten yang relevan dan informatif.

Halaman web ini disebut link farms dan merupakan contoh SEO topi hitam. Meskipun sebagian besar situs web ini dibuat semakin sulit untuk menemukan berkat standar ketat Google, ini masih menjadi masalah umum. Selain memiliki konten berkualitas rendah, beberapa tautan ini dapat menyebabkan malware dan jenis perangkat lunak serupa lainnya yang dapat membahayakan komputer Anda.

Pengalihan licik

Seiring dengan teks dan tautan tersembunyi, ada juga contoh di mana halaman web akan berisi tautan licik dan teduh di tempat-tempat yang Anda mungkin tidak dapat melihatnya pada pandangan pertama. Beberapa tautan ini adalah tautan kadaluwarsa yang dimodifikasi yang bertujuan untuk memanfaatkan jus tautan dari tautan sebelumnya untuk memperoleh lalu lintas. Sementara 301 redirect adalah praktik SEO standar, menyalahgunakan sistem akan menghasilkan hukuman yang tidak Anda inginkan terjadi.

Jenis praktik SEO topi hitam ini biasanya ditemukan di situs web yang padat iklan, yang berarti bahwa pengguna kemungkinan besar akan mengkliknya secara tidak sengaja. Contoh penting dari situs web semacam ini adalah yang menawarkan unduhan ilegal, karena hampir semua jenis tautan yang teduh dan jahat akan hadir baik Anda mengkliknya atau tidak. Ada alasan bagus bahwa situs web ini tidak sering muncul di SERP, dan Google akan memastikan bahwa ini akan dikenakan sanksi yang sesuai.

Komentar Spamming

Komentar adalah beberapa cara terbaik untuk membuat diskusi yang bermakna yang mendorong interaksi dan memperluas koneksi Anda. Ini juga merupakan tanda bahwa konten Anda memiliki pembaca dan pemirsa yang konstan. Ini membuat moderasi komentar menjadi tugas penting untuk memastikan bahwa komentar yang berbahaya akan disaring dan dihapus, dan hanya yang produktif dan informatif yang tersisa.

Ini berarti bahwa selain bahasa yang tidak sopan dan diskusi yang tidak masuk akal, bagian komentar juga dapat digunakan untuk memposting konten spam yang hanya bertujuan untuk mencoba dan mendapatkan tautan ke situs web mereka sendiri. Meskipun menambahkan tautan dalam komentar bukanlah praktik yang negatif, membuat komentar dengan maksud semata-mata mencoba mendapatkan lalu lintas adalah sesuatu yang harus dihindari. Ada kalanya komentar-komentar ini dapat muncul secara massal, memadati bagian komentar dengan omong kosong yang hanya akan dihindari orang. Hal ini berdampak negatif pada lalu lintas, menyebabkannya mendapat penalti, yang berarti Anda tidak akan sering muncul di pencarian lagi. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan alat moderasi komentar, karena mereka akan membantu Anda menyaring komentar lebih efisien, memastikan bahwa spam tidak akan hadir. Ini juga berarti menghindari memiliki selusin komentar yang akan langsung diposting pada konten Anda.

Konten yang dihasilkan secara otomatis

Konten yang dibuat secara otomatis adalah jenis konten yang telah dihasilkan melalui penggunaan pemrograman. Tujuan utama menggunakan pemrograman untuk secara otomatis menghasilkan konten adalah untuk memanipulasi peringkat pencarian situs web sambil mengurangi upaya. Ini berarti bahwa kualitas konten yang digunakan oleh situs web ini sangat rendah dan tidak dapat memberikan informasi bermanfaat kepada pengguna yang mengunjunginya. Google tidak memaafkan jenis strategi ini dan akan segera menghukum situs yang telah ditemukan menggunakan konten yang dibuat secara otomatis. Beberapa contoh konten yang dibuat secara otomatis:

  • Konten yang tidak memiliki makna dan tidak masuk akal tetapi masih mengandung kata kunci yang peringkat situs web
  • Konten yang diterjemahkan secara otomatis (menggunakan alat) yang tidak dikuratori oleh manusia
  • Konten yang telah dibuat melalui penggunaan kata-kata sinonim – konten yang disalin dari situs web lain dan diparafrasekan menggunakan sinonim
  • Penggunaan teknik kebingungan untuk mempublikasikan konten yang tidak memiliki nilai tetapi masih penuh dengan kata kunci
  • Berpartisipasi dalam skema tautan

Algoritma pertama yang digunakan Google untuk memeringkat situs web di halaman hasil pencarian adalah PageRank dan skema tautan adalah strategi yang secara khusus mencoba memanipulasi PageRank. Beberapa contoh skema tautan adalah:

  • Pembelian dan penjualan tautan. Dari penukaran uang hingga penawaran barang dan layanan untuk tautan, ini semua merupakan pelanggaran terhadap Panduan Webmaster Google
  • Pertukaran Tautan Berlebihan dari situs web yang sama
  • Posting tamu berlebihan menggunakan teks jangkar yang diisi dengan kata kunci yang digunakan oleh situs web Anda
  • Pembuatan tautan otomatis

Ada contoh lain dari skema tautan tetapi ini adalah yang paling umum yang dilakukan oleh sebagian besar praktisi topi hitam

Berpartisipasi dalam program afiliasi tanpa menambahkan nilai yang cukup

Google selalu sangat menyarankan bahwa webmaster harus mempublikasikan konten asli, segar, dan informatif. Mereka memberikan kepentingan ekstra mengenai rekomendasi ini untuk situs web yang berpartisipasi aktif dalam program afiliasi. Ini semua karena sebagian besar situs web yang ikut serta dalam program afiliasi menggunakan deskripsi produk yang digunakan oleh situs web lain yang terlibat dengan program afiliasi yang sama. Sepotong konten yang terlihat di berbagai situs web di internet ini membuat Google menganggap mereka menggunakan konten yang disalin – tidak orisinal, digunakan, dan memiliki nilai lebih rendah daripada menggunakan konten asli dan segar yang dipikirkan oleh webmaster melalui pengalaman mereka menggunakan produk.

Membuat halaman dengan perilaku jahat

Sehubungan dengan tautan yang teduh dan licik, laman tempat tautan itu sebagian besar berisi perilaku jahat. Selain situs pengunduhan ilegal, ada sejumlah konten berbahaya lainnya, termasuk phishing, yang berupaya mendapatkan informasi penting dan pribadi untuk Anda, perangkat lunak Trojan yang mencoba masuk ke komputer Anda, dan bahkan lebih banyak lagi virus komputer yang merusak yang pasti akan merusak pengalaman Anda .

Beberapa halaman ini disamarkan sebagai posting blog yang mencoba mempromosikan atau menjual sesuatu, tetapi hanya akan memiliki tautan di dalamnya yang hanya akan terhubung ke situs web berkualitas rendah. Satu-satunya cara untuk mengelola semua ini adalah dengan mengamati manajemen konten yang tepat dan membuat konten berkualitas yang tidak akan mengarah ke perangkat lunak berbahaya yang dapat mempengaruhi pengguna Anda, atau mendistribusikan secara ilegal apa pun yang dapat menyebabkan implikasi hukum.

Kiat

Ambillah dari saya, jika Anda membangun merek atau reputasi yang ingin Anda pertahankan, jangan fokus pada peringkat halaman Anda atau kata kunci Anda. Fokus pada konten dan kualitas informasi yang Anda berikan kepada pengguna Anda dan internet akan mulai mengenali Anda. Berhentilah mencoba bermain Google. Itulah sebabnya mereka memiliki pedoman kualitas tertentu untuk membantu SEO mengetahui apa yang benar dan apa yang salah dalam industri SEO.

Strategi topi hitam tertentu mungkin berhasil sekarang, tetapi konsekuensinya pasti akan menyusul Anda dalam waktu dekat. White-hat SEO berfungsi lebih baik dalam jangka panjang dan tidak akan menghasilkan penalti yang dapat menghapus visibilitas situs Anda di mesin pencari. Selalu ingat bahwa menanyakan apa itu Black Hat SEO, akan sangat penting untuk menghindari jenis praktik yang tidak etis ini. Lihat artikel saya tentang SEO topi putih – untuk mengetahui mengapa ini lebih baik untuk Anda dan semua webmaster.