Nov
06
2020

Bisnis Les Private Jakarta: Alasan, Hambatan, dan Strategi

Pendidikan formal kini menjadi salah satu kebutuhan primer yang memang nantinya menjadi modal bagi masa depan setiap generasi muda kita. Hampir semua orang tua di Indonesia mengirimkan putera-puterinya ke sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga bangku kuliah.

Berbagai jenis mata pelajaran pun diajarkan oleh guru di ajang pendidikan formal ini. Namun kadang sekolah formal saja tidak cukup.

Seringnya siswa masih belum optimal dalam menerima dan menyerap materi-materi yang disampaikan oleh guru. Dengan alasan inilah banyak orang tua siswa yang kemudian meminta putera-puterinya untuk join sebagai peserta les private.

Les private Jakarta hanyalah salah satu contoh tempat les yang biasanya mudah dijumpai di Jakarta. Di kota-kota besar lainnya ada banyak juga opsi les private yang menawarkan kualitas pelayanan yang sama.

Alasan Merintis Bisnis Les Private Jakarta

Bisnis Les Private Jakarta: Alasan, Hambatan, dan Strategi

Ngomongin soal les private Jakarta, keputusan untuk menggunakan jasa les private Jakarta ini adalah keputusan yang tepat karena sangat menguntungkan. Sebut saja salah satu keuntungan yang paling terlihat sangat nyata adalah bahwa peserta tes tidak perlu repot berangkat ke tempat les karena tutor yang akan mendatangi rumah peserta les.

Jadi, peserta les hanya perlu mengatur jadwal seperti jam les dan hari. Dengan kemudahan ini, orang tua pun dapat mengawasi putera-puteri mereka secara langsung selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung.

Nah, permintaan les private Jakarta yang terus meningkat ini juga tentunya membuka peluang bagi siapa saja yang merasa memiliki passion mengajar dan memiliki keahlian untuk berbagi ilmu. Anda, misalnya, memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal mengajar.

Anda dapat memanfaatkan kemampuan Anda ini dengan menjadi tutor atau pengajar les private. Jika memang Anda sungguh berminat untuk mencoba peluang emas ini, kami ingin berbagi tips bagaimana untuk memulainya. 

Merintis Bisnis

Untuk memulai bisnis les private Jakarta, Anda harus memiliki bekal skill atau kemampuan mengajar sekaligus kapasitas ilmu yang baik. Jika Anda masih merasa kurang dalam hal kapasitas ilmu, tidak perlu kecewa.

Anda bisa menambah dan terus menambah kapasitas ilmu Anda melalui belajar, berlatih, dan tentunya banyak membaca. Jika perlu, berdiskusilah dengan teman atau orang yang lebih berpengalaman. 

Setelah Anda merasa cukup kompeten dalam mengajar, sekarang giliran Anda untuk memutuskan apakah Anda ingin menjalankan bisnis les private Jakarta ini secara mandiri atau bergabung dengan lembaga bimbingan belajar.

Jika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis les private secara mandiri, silahkan memikirkan soal promosi. Metode promosi apa yang akan Anda gunakan. Apakah dari mulut ke mulut atau dengan menyebar pamflet atau iklan lainnya via internet, koran, atau majalah. 

Baca Juga : Langkah Memilih Jasa Penerjemah Tersumpah Online Terbaik di Indonesia

Jangan lupa untuk belajar menjadi seorang pengajar yang baik. Ingat, tiap peserta les private Jakarta memiliki kemampuan belajar dan karakter yang berbeda-beda. Jadikan hal ini sebagai tantangan baru bagi Anda.

Solusi terbaik untuk permasalahan ini adalah dengan mencari metode dan pendekatan yang berbeda untuk tiap peserta les.

Bersiap Hadapi Hambatan dalam Merintis Les Private Jakarta

Apapun jenis bisnis yang akan dirintis tak bisa lepas dari yang namanya hambatan. Demikian juga dengan bisnis les private Jakarta. Bisnis ini tentunya memiliki cukup banyak hambatan.

Salah satu hambatan yang paling mencolok adalah biasanya ada banyak orang tua yang lebih memilih memasukan putera-puterinya ke lembaga bimbingan belajar yang sudah lebih dulu terkenal.

Hal ini sangat wajar karena umumnya lembaga bimbingan belajar yang terkenal biasanya sebanding dengan kualitas pelayanan yang optimal juga.

Hambatan lainnya yaitu soal jadwal yang bisa saja bentrok dengan jadwal les lain. Kemudian contoh hambatan berikutnya adalah soal penguasaan pengetahuan Anda yang mungkin dianggap kurang baik oleh orang tua calon peserta les Anda. 

Strategi Bisnis Les Private Jakarta

Hambatan dalam merintis suatu bisnis adalah suatu hal yang biasa. Yang paling penting adalah Anda sudah menyiapkan strategi-strategi khusus untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada.

Berikut contoh strategi yang bisa Anda adopsi saat Anda akan memulai bisnis les private Jakarta. 

Pertama, temukan potensi ilmu yang mungkin tanpa disadari ada di dalam diri Anda. Misal, Anda memang jago di bidang Matematika. Selain Matematika, rupanya Anda juga sangat jago di bidang Bahasa Inggris. Bila perlu, Anda bisa belajar ilmu-ilmu baru yang Anda sukai.

Kedua, mulai pikirkan soal promosi. Misalnya saja Anda mulai membuat kartu nama dalam jumlah banyak. Anda juga sudah mulai membuat pamflet atau brosur yang mempromosikan jasa les private Jakarta Anda.

Baca Juga : Alat Penulisan Terbaik yang Harus Anda Ketahui

Ketiga, jangan lupa untuk mulai mengatur jadwal Anda sendiri; kapan Anda harus fokus dengan bisnis Anda ini dan kapan Anda mulai mengerjakan aktivitas-aktivitas lain. Biasanya para peserta les akan memilih jadwal les private mereka di sore atau malam hari saat mereka sudah tidak sibuk dengan urusan sekolah. 

Keempat, usahakan untuk menjaga komunikasi dan bersikap ramah dengan peserta les dan juga orang tua mereka. Kelima, hindari mematok fee terlalu tinggi. Apalagi bisnis les private Jakarta ini masih baru. Bila perlu pasang tarif sesuai dengan kemampuan finansial keluarga peserta les.