Sep
12
2020

Cara Atasi WC Buntu Dengan Mudah dan Aman Sebelum Memanggil Sedot WC Jakarta

Cara Atasi WC Buntu Dengan Mudah dan Aman Sebelum Memanggil Sedot WC Jakarta – Wc yang mampet merupakan salah satu masalah yang terkadang membuat orang menjadi sepaneng. WC yang mampet tidak hanya mengeluarkan bau yang tidak sedap untuk dihirup, tetapi juga sangat tidak sedap untuk dipandang mata.

Berbagai macam cara banyak dilakukan untuk mengatasi wc yang mampet akibat penyumbatan yang terjadi di pipa menuju septic tank. Sayangnya masih banyak orang yang tidak paham bagaimana cara yang benar untuk mengatasi wc yang mampet tanpa harus membongkar paksa. Ternyata ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan pada saat wc mengalami kemampetan.

Oleh sebab itu, sebelum Anda menggunakan jasa sedot WC Jakarta sebaiknya untuk mengatasinya terlebih dahulu di rumah. Karena bisa saja wc mampet disebabkan oleh benda-benda yang ada di rumah dan masih bisa terjangkau oleh alat sedot wc di rumah. Berikut adalah cara untuk mengatasi wc mampet sendiri di rumah.

Cara Atasi WC Buntu Dengan Mudah dan Aman Sebelum Memanggil Sedot WC Jakarta

Kurang lebih ada 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi wc yang mampet.  Dan berikut ini adalah cara atau langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Di antaranya:

Baca juga: Macam-macam Teh Herbal yang Bagus Untuk Kesehatan

Cara Atasi WC Buntu atau Mampet dengan Menggunakan Bahan-bahan Dapur

A.Menggunakan Cairan Sabun Pencuci dan Air Yang Mendidih

Cara yang pertama cukup mudah dilakukan, karena Anda hanya cukup menyediakan cairan sabun pencuci dan air masak yang mendidih. Dan langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah menuangkan sabun ke dalam mangkuk atau wadah, lalu masukkan ke dalam wc dan tunggu sesaat. Setelahnya tuangkan air panas sebanyak mungkin dan diamkan kembali kurang lebih 20 menit. Dan terakhir lakukan sampai berkali-kali agar sisa kotoran larut dan wc kembali bersih.

B. Menggunakan Bahan Kimia (Soda Api atau Natrium Hidroksida)

Soda api atau Natrium Hidroksida sudah lama dikenal oleh orang tua yang sangat ampuh untuk mengatasi wc yang mampet. Soda api akan langsung bereaksi bila terkena air, yang menjadi tanda untuk Anda kalau soda api sedang menghancurkan benda-benda yang membuat wc mampet seperti kotoran jenis organik yang menumpuk.

Pada saat Anda memasukkan soda api ke dalam wc, Anda tetap harus memperhatikan protokol keselamatan. Karena soda api merupakan bahan kimia yang berbahaya bila terhirup ataupun memyentuh kulit. Pakailah masker hidung, kacamata pelindung, dan sarung tangan karet saat akan memasukkan soda api ke dalam kloset.

C. Menggunakan Cuka dan Baking Soda

Cara ketiga adalah dengan menggunakan campuran baking soda dan cuka. Yang mana kedua campuran tersebut merupakan dua bahan yang sering digunakan untuk mengatasi beragam masalah di rumah, seperti aroma tidak sedap sampai wastafel yang mampet.

Sebelum Ands memasukkan kedua bahan tersebut, sebaiknya Anda siram terlebih dahulu wc dengan menggunakan air yang panas. Hal tersebut bertujuan agar kotoran organik di dalam wc melunak dan mengurangi sumbatan. Selanjutnya sebarkan secangkir baking soda ke permukaan air wc, lalu tunggulah sampai mengendap. Bila sudah mengendap, tuanglah 2 cangkir cuka, dan nanti akan timbul reaksi gelembung dari perpaduan kedua bahan tersebut.

Anda diamkan kedua bahan tersebut bereaksi selama 1 jam, apabila belum berhasil lakukan kembali dari awal, lalu diamkan wc semalaman. Namun bila wc masih mampet, maka sebaiknya Anda menghubungi tukang sedot WC Jakarta, karena bisa jadi penyebab wc yang mampet adalah benda-benda keras seperti pembalut, tisu, diapers, mainan anak, dll.

Cara Atasi Wc Buntu atau Mampet Menggunakan Alat

A.Menggunakan hanger berbahan kawat

Hanger atau gantungan baju yang biasa Anda gunakan untuk menjemur baju, nyatanya dapat digunakan untuk mencongkel benda-benda yang menjadi penyebab wc mampet yang berada tidak terlalu jauh dari lubang wc.

Caranya pun mudah, Anda hanya tinggal luruskan kawat hanger, kemudian masukkan ujungnya yang lancip ke dalam pipa wc dan dorong perlahan. Tujuannya agar benda-benda yang menjadi sumber penyumbat dapat terdorong masuk ke dalam septic tank dengan mudah. Atau juga sebaliknya dengan menarik hanger ke luar dengan gerakan memutar benda hingga tersangkut dan tarik perlahan. Lalu siram wc dengan cukup air agar kembali bersih seperti sedia kala.

B. Menggunakan plastik pembungkus makanan atau buah

Faktanya dengan menggunakan plastik pembungkus makanan atau buah yang biasa Anda temui di swalayan-swalayan dapat digunakan untuk mengatasi wc yang mampet.

Dan caranya pun cukup mudah, Anda hanya cukup menutupi tempat duduk wc menggunakan plastik tersebut dan pastikan tertutup dengan rapat juga erat menutupi semua area. Kemudian tekan tombol flush sampai ada udara yang naik ke atas, saat itu terjadi maka Anda tekan pelan-pelan dengan kedua tangan sampai plastik turun. Dengan demikian air sudah mendorong benda yang menyumbat wc.

Demikianlah informasi cara mengatasi wc yang mampet dengan mudah dan aman. Sebaiknya selalu menjaga kebersihan wc, agar terhindar dari wc mampet. Jauhkan kebiasaan membuang sampah ke dalam WC seperti tisu, pembalut bahkan yang kecil sekali pun seperti cotton buds. Bila WC masih tetap mampet, maka tidak ada salahnya untuk memanggil tukang sedot WC Jakarta untuk mengatasi masalah Anda. Selamat mencoba!