Agu
27
2013

Cara menambah kolom komentar di blogspot : Disqus widget

Cara menambah kolom komentar keren di blogspot

Cara menambah kolom komentar di Blog –  Pada dasarnya, widget komentar bawaan blogger sudah tersedia. Namun masih terkesan sederhana.

Sebenarnya, ada banyak cara agar kita dapat memasang widget komentar yang keren dan fungsional di blog. Salah satunya adalah DISQUS WIDGET. Aplikasi kolom komentar yang satu ini sangat menarik dengan dilengkapi berbagai fitur seperti, visitor dapat berkomentar menggunakan akun facebook, google, twitter atau menggunakan akun disqus itu sendiri.

Pemasangan widget disqus komentar juga sangat mudah dan dapat digunakan untuk Blogspot, WordPress, Tumblr, dan lainnya. Yakni dengan cara; mengambil code HTML yang diberikan oleh situs disqus atau menginstal aplikasi yang ada pada halaman disqus komentar tersebut.

Disqus sebenarnya merupakan widget komentar yang berbasis grup. Kemunculannya langsung disambut cukup meriah dan berkembang cukup pesat. Karena, disamping kemudahan dalam memasangnya, tampilannya juga lebih atraktif.

Berikut kelebihan dan kekurangan disqus :

  • Sangat mudah untuk menambahkan fitur ini di sejumlah platform terkenal seperti blogspot , wordpress , Thumblr , joomla , drupal dan masih banyak lagi
  • Fitur terbaru yang di-update yakni;  fitur import existing content and export anytime. Fitur ini, memungkinkan kita dapat meng- import/export dengan mudah dan gampang komentar yang lama dari kolom komentar sebelumnya. Sehingga, tidak perlu takut lagi apabila beralih menggunakan widget disqus.  
  • Simple and quick configuration. Seperti yang sudah saya jabarkan diatas, bahwa untuk pemasangan widget disqus ini tidak ribet dan dengan desain yang elegan. 
  • Fitur nya seabrek, mulai dari upload gambar, menambahkan media serta didukung banyak pengembang.
  • Menu komunitas merupakan salah satu daya tarik tersendiri dari widget disqus. Fungsinya, untuk mengetahui siapa saja pengunjung yang telah memberikan komentar seluruh halaman blog anda.
  • Untuk kelemahan widget disqus sebenarnya  hanya bug-bug kecil yang kemungkinan kedepan akan diperbaiki. Untuk saat ini, pada tampilan selular, widget tersebut masih terlihat kurang sempurna. Tidak seperti widget komentar default.

Ok.. saya kira cukup basa-basinya sampai disini. Jika tertarik, berikut langkah-langkah mudah instalasi menambah kolom komentar Disqus widget di blogspot…

  •  Kemudian klik tombol “Get this on your site” contoh gambar dibawah
add disqus to your site
  • Isi data yang diperlukan.
  • Klik tombol “Continue” pada halaman tersebut anda akan ditampilkan icon, klik icon platform yang sedang anda gunakan.
pilihan flatform untuk widget disqus

  • Klik tombol “add….to my blogger site”.
 add widget disqus 

  • Klik “add widget”.  

Selesai lah sudah… 🙂 Lalu, cek blog, apakah sudah berganti kolom komentarnya menjadi disqus? Saya yakin sudah he… he….

Sebenarnya masih terdapat beberapa hal yang bisa di setting atau disempurnakan dalam menambah kolom komentar Disqus widget di blogspot. Untuk itu, anda dapat memperdalam dan mengembangkannya sendiri.  wassalam…