Desain yang dapat difahami: cara kerjanya dan mengapa itu penting

  • by
Desain yang dapat difahami - cara kerjanya dan mengapa itu penting

Dalam desain, kami cenderung memikirkan aksesibilitas, dalam istilah hitam dan putih. Pada kenyataannya, ini lebih grayscale. Pernahkah Anda membaca sesuatu, di perangkat digital, di tengah hari yang cerah, atau berbelanja online dengan trackpad yang rusak?

Aksesibilitas menyangkut kita semua. Setiap pengguna dapat dipengaruhi oleh tantangan kehidupan sehari-hari, apakah itu masalah serius atau frustrasi sementara. Mengatasi aksesibilitas secara langsung, tidak akan membuat produk lebih inklusif, itu akan memperluas cakupannya, meningkatkan kinerjanya, dan meningkatkan nilainya juga.

Pendekatan ini, yang disebut desain yang dapat difahami, Itu membuatnya, memiliki daya tarik. Khususnya dalam dunia pengembangan produk. Mari kita lihat, apa artinya, apa yang dapat Anda lakukan untuk memulai, dan apa biaya dan manfaatnya.

APA ITU DESAIN YANG DAPAT DIFAHAMI? DAN MENGAPA MENGGUNAKANNYA

Tujuan dari desain yang dapat difahami adalah, untuk membangun sesuatu yang mudah digunakan untuk siapa pun, dalam konteks apa pun. Tergantung pada produk Anda, Anda mungkin harus memikirkan hambatan. Mulai dari gangguan penglihatan, kesulitan pendengaran, masalah dengan keterampilan motorik, atau ketidakmampuan belajar.

Desain yang dapat difahami, juga harus mempertimbangkan gangguan sementara (misalnya, cedera), gangguan situasional (mengendarai mobil, misalnya), dan gangguan oleh proxy (seperti harus merawat teman dan keluarga yang sakit, lanjut usia, atau cacat). Idenya adalah untuk membangun pengalaman pengguna, yang dapat menghadapi setiap tantangan dunia nyata yang mungkin dihadapinya.

Perusahaan sering menunjukkan kurangnya empati, atau minat terhadap aksesibilitas. Tetapi kasus bisnis yang baik dapat dibuat untuk itu. Desain yang dapat difahami, akan memperluas jangkauan pasar Anda ke 1 miliar orang dengan disabilitas di seluruh dunia. Plus, itu akan meningkatkan kegunaan produk Anda, menciptakan pelanggan yang lebih bahagia, dan meningkatkan citra merek Anda.

Pikirkan aksesibilitas sebagai alat, agar produk Anda memenuhi kebutuhan sebanyak mungkin pengguna. Ini bukan hanya hal yang benar untuk dilakukan bagi dunia. Ini hal yang cerdas untuk dilakukan pada bisnis Anda.

LANGKAH KECIL MENUJU AKSESIBILITAS, LANGKAH BESAR UNTUK UX

Kedengarannya meyakinkan? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memulai:

Kontras warna. Pikirkan tentang perbedaan antara font, warna latar belakang, ikon, dan gambar Anda. Ini tidak hanya membantu para tunanetra, itu juga penting bagi siapa pun yang mencoba membaca potongan-potongan bentuk panjang di layar atau dalam cahaya terang.

Font yang berbeda. Situs web akan sering menggunakan warna merah dan hijau untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan tindakan yang diberikan. Tapi ini bisa membuat hal-hal sulit bagi pengguna yang buta warna. Pertimbangkan cara alternatif membedakan kasus, seperti mengubah bentuk atau ukuran font

Skalabilitas desain. Apakah Anda tahu cara mengidentifikasi situs web murah? Jika ukuran font dan daya tanggap mogok saat Anda memperbesar atau memperkecil, Anda telah menemukannya. Jadi pikirkan desain yang responsif. Ini bermanfaat untuk pengguna lanjut usia dan tunanetra, tetapi juga memastikan situs web Anda terlihat bagus di layar apa pun yang dibacanya.

Navigasi yang jelas dan struktur layar. Alur situs web Anda harus logis, intuitif, dan mudah digunakan. Itu UX 101. Salah satu cara hebat untuk menekan pengujian ini adalah untuk melihat bagaimana ia menangani navigasi keyboard atau penggunaan VoiceOver. Jika struktur di balik desain cantik Anda berantakan, metode navigasi yang dapat diakses ini akan menunjukkannya.

Keakraban. Ingat: Anda tidak perlu menemukan kembali roda setiap kali Anda membangun situs web baru. Bahkan, mungkin bukan ide yang baik untuk mencoba dan merevolusi cara pengguna menutup jendela atau mengklik tautan di browser web mereka. Praktik terbaik adalah praktik terbaik karena suatu alasan. Berpegang teguh pada ini akan membantu menjaga hal-hal yang jelas dan nyaman bagi pengguna di seluruh spektrum kemampuan.

Mengikuti prinsip-prinsip umum ini merupakan awal yang baik. Tetapi sama pentingnya untuk memahami apa yang dibutuhkan produk khusus Anda agar lebih mudah diakses oleh penggunanya.

KETAHUI PRODUK ANDA

Salah satu cara untuk menentukan masalah spesifik yang akan relevan dengan kasus bisnis Anda adalah dengan menunjukkan dengan tepat nilai yang akan Anda berikan. Apakah produk Anda menyediakan layanan dasar, seperti bahan makanan atau transportasi? Apakah cocok dengan ceruk, seperti hiburan, petualangan, atau permainan papan? Apakah ini produk kesehatan, seperti pelacakan kebugaran atau apotek daring?

Selanjutnya, buat persona aksesibilitas untuk lebih memahami pengguna Anda dan menentukan gangguan apa yang akan mereka hadapi. Misalnya, Mooncascade saat ini bekerja dengan pengumpul tiket bus yang beroperasi di seluruh Estonia. Ini berarti kami harus menemukan solusi yang dapat diakses oleh setiap orang di negara ini, dengan setiap potensi tingkat kecacatan yang mungkin termasuk.

Tetapi jika Anda bekerja dengan sesuatu seperti warung kopi, berbagai masalah aksesibilitas yang Anda hadapi akan lebih kecil. Anda harus khawatir tentang masalah sementara seperti sinar matahari sehingga sulit dibaca di laptop, atau memungkinkan orang untuk minum cappuccino saat mengemudi. Idenya adalah untuk mengidentifikasi potensi penurunan yang paling menuntut dalam konteks yang diberikan dan pergi dari sana.

BIAYA DAN MANFAAT DESAIN YANG DAPAT DIFAHAMI

Desain pintar yang dapat diakses juga tentang waktu. Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang aksesibilitas saat membuat prototipe atau bukti solusi konsep. Tetapi semakin lama Anda menunggu, semakin mahal dan sulit untuk diintegrasikan.

Yang terbaik adalah memulai pengujian aksesibilitas pada fase prototyping. Hal-hal dasar seperti kontras font atau skalabilitas desain hanya akan sedikit memperpanjang panjang proyek dan tidak akan memerlukan prototipe terpisah untuk menguji. Plus, ada banyak sumber daya hebat untuk membantu Anda memulai.

Namun, fitur yang lebih kompleks seperti VoiceOver dan navigasi keyboard mungkin memerlukan spesialis UX. Ini akan memakan waktu lebih lama, meskipun penting untuk dicatat bahwa sebagian besar waktu ekstra ini akan diambil dengan mempelajari kurva. Semakin banyak tim Anda menguji fitur-fitur seperti ini, semakin cepat mereka dapat mengintegrasikannya di masa depan.

Berfokus pada desain yang dapat diakses sejak dini juga akan membantu mengoptimalkan UX Anda secara keseluruhan, karena itu akan memaksa Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk berpikir tentang meningkatkan perjalanan pengguna Anda. UX yang lebih baik berarti lebih banyak konversi pengguna, peningkatan loyalitas pengguna, dan tentu saja, pengembalian yang lebih baik untuk bisnis Anda.

AKSESIBILITAS: INVESTASI KECIL DENGAN KEUNTUNGAN BESAR

Desain yang dapat diakses mungkin tampak menakutkan jika Anda belum pernah mempertimbangkannya sebelumnya. Tetapi sama seperti proses lain yang berfokus pada peningkatan pengalaman pengguna, proses ini menjadi lebih mudah karena menjadi bagian reguler dari gudang senjata Anda.

Saran saya adalah untuk melibatkan seluruh tim Anda: pemilik produk dan analis memutuskan seberapa dalam Anda akan pergi, desainer fokus pada aksesibilitas visual, desainer layanan berfokus pada seluruh pengalaman pengguna, pengembang yang menangani navigasi dan implementasi VoiceOver, dan spesialis QA yang menangani pengujian.

Sebelum Anda menyadarinya, semua orang akan memiliki aksesibilitas di daftar periksa mereka. Anda akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, sekaligus meningkatkan jangkauan produk Anda, merampingkan kinerjanya, dan membangun nilainya. Siapa yang tahu bahwa skala abu-abu bisa menambah banyak warna pada benda?