Tips Distributor Lampu Philips: Cara Mengatasi Kebocoran Listrik

Distributor Lampu Phillips

Hampir semua bidang pekerjaan manusia membutuhkan energi listrik. Apabila energi tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan, maka dapat berdampak pada kebocoran listrik rumah tangga yang cukup berbahaya. Berikut beberapa tips dari Distributor Lampu Philips untuk mengatasi kebocoran listrik.

Namun demikian, ada beberapa orang yang tetap nekat menggunakan energi listrik dalam jumlah besar. Sehingga menimbulkan bahaya korsleting yang dapat mengakibatkan kebakaran besar.

Beberapa waktu lalu terdengar kabar mengenaskan. Mengenai insiden arus listrik bocor yang memakan korban nyawa seorang anak perempuan berusia 7 tahun. Hal tersebut merupakan peringatan pahit bagi semua pihak untuk lebih waspada.

Distributor Lampu Philips menyarankan untuk menyikapi resiko arus bocor yang jelas sangat membahayakan keselamatan ini.

Fungsi listrik yang sangat penting untuk berbagai kebutuhan manusia, listrik juga dapat menjadi sesuatu yang sangat berbahaya bila tidak digunakan dan dikendalikan dengan baik. Insiden kecelakaan seperti arus bocor, merupakan hasil dari buruknya instalasi listrik yang kemudian dapat berujung pada kematian karena sengatan arus listrik atau musibah kebakaran.

Menurut data dari Distributor Lampu Philips, insiden yang sering terjadi adalah akibat gagal isolasi atau adanya kabel yang tua dan sudah terkelupas. Mayoritas gangguan listrik pada instalasi bukan disebabkan oleh beban listrik berlebih atau hubungan singkat, tetapi akibat gagal isolasi tersebut.

Perlengkapan isolasi dan pengkabelan yang buruk, atau alat yang dipakai salah dapat membahayakan peralatan sehingga menyebabkan kebakaran dan korban jiwa manusia (kematian).

Agar terhindar dari resiko mematikan tersebut, disarankan pengamanan yang menyeluruh terhadap arus bocor.

Antara lain, pengaman untuk kontak langsung dan pengaman untuk kontak tak langsung. Pengamanan untuk kontak langsung, terjadi bila manusia memegang langsung kawat atau kabel fasa bertegangan.

Pengamanan terhadap resiko kontak langsung dapat berupa: isolasi kabel fasa tegangan, boks panel, dan lain-lain.

Sangatlah direkomendasikan adanya pengaman tambahan, dengan menggunakan Gawai Proteksi Arus Sisa (GPAS) untuk mencegah berbagai resiko masuknya listrik kedalam tubuh manusia.

Untuk itu, Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) 2000 kini sudah mengharuskan pemasangan Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB) dengan sensitifitas 30 mA. Jika pengaman manusia dibutuhkan, maka ELCB akan otomatis memutuskan arus listrik. Apalagi bila arus bocor yang terdeteksi melebihi ambang batas 30 mA.

Pengaman untuk kontak tak langsung, terjadi apabila manusia memegang bagian logam yang bertegangan akibat gagal isolasi. Besarnya arus bocor tergantung pada resistansi bocor dan penyambungan netral. Arus bocor akan kembali ke sumber lewat konduktor pengaman atau lewat bumi.

Oleh karena itu, pemasangan ELCB dengan sensitifitas 30 mA sangat direkomendasikan sebagai pengaman kontak tak langsung.

Selain itu, kebocoran lampu listrik rumah tangga juga menjadi penyebab tagihan listrik tidak wajar.

Tagihan PLN yang membengkak bisa jadi dipicu oleh fakta bahwa sistem kelistrikan rumah yang Anda tempati saat ini sebelumnya pernah bocor dalam waktu lama. Jadi, ketika Anda membayar tagihan listrik, biaya yang harus Anda keluarkan lebih besar dari yang tertera pada meteran karena akumulasi biaya pada bulan-belum sebelumnya yang belum dibayar.

Menurut Distributor Lampu Philips, kebocoran listrik sering terjadi pada rumah yang jarang ditempati dalam waktu lama.

Tagihan listrik lebih besar dari yang Anda harapkan mungkin saja hal ini dipicu oleh kondisi lampu luar rumah Anda yang hidup non-stop selama Anda meninggalkan rumah kosong. Sebaiknya, pastikan bahwa Anda membayar tagihan listrik tepat waktu dan menitipkan rumah pada tetangga yang dipercaya perihal lampu yang menyala.

Tagihan listrik Anda menjadi membengkak bisa juga disebabkan oleh kelalaian petugas pencatat meteran listrik. Petugas pencatatan listrik yang datang ke rumah Anda mungkin saja tidak teliti dalam mengecek meteran listrik Anda sehingga menyebabkan tagihan listrik yang tidak sesuai. Beberapa pelanggan pernah mengalami hal seperti ini, meski tidak ada kebocoran lampu listrik dalam rumah tangga mereka.

Jika hal ini juga terjadi pada Anda, Distributor Lampu Philips menyarankan sebaiknya segera melapor pada pihak PLN untuk dilakukan pengecekan ulang.

Pembatas listrik tidak stabil

Apabila pembatas listrik Anda sering naik turun atau tidak stabil, tagihan listrik Anda bisa jadi membengkak. Hal ini terjadi akibat penggunaan listrik tidak sesuai daya yang tersedia. Apabila penggunaan listrik tidak sesuai dengan daya, maka tagihan listrik Anda bisa melonjak tinggi tanpa bisa diprediksi. Sebaiknya usahakan untuk mengatasi pembatas listrik Anda untuk stabil agar pembengkakan tagihan listrik akibat hal ini dapat diantisipasi.

Pemborosan listrik tanpa Anda sadari

Sering kali, pembengkakan listrik terjadi tanpa Anda sadari dan disebabkan oleh kelalaian Anda sendiri.

Kebiasaan-kebiasaan yang sering Anda anggap sepele seperti lupa mematikan televisi sebelum tidur atau mematikan lampu tidur bisa sangat berkontribusi pada besarnya tagihan listrik Anda kali ini. Barang-barang elektronik di rumah yang Anda gunakan secara berlebihan tanpa disadari juga berpengaruh besar pada penggunaan listrik. Serta biaya yang harus Anda keluarkan.

Oleh karena itu Distributor Lampu Philips menyarankan, Anda harus mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu tagihan listrik tidak wajartersebut. Pastikan Anda menggunakan AC sewajarnya dan mematikan ketika tidak terlalu dibutuhkan.

Pilihlah alat-alat elektronik yang hemat energi untuk memaksimalkan penghematan listrik yang Anda lakukan.

Pencurian listrik

Meski jarang, pencurian listrik juga merupakan kemungkinan terburuk mengenai penyebab tagihan lisrik Anda membengkak. Meskipun jarang terjadi, sebaiknya Anda tetap mawas diri.

Periksalah instalasi listrik di rumah Anda untuk memastikan keamanannya. Apabila Anda merasa ada sesuatu yang janggal, jangan ragu untuk segara melapor ke petugas listrik terdekat untuk melakukan pemeriksaan.

Nah, itulah beberapa penyebab kebocoran lampu listrik rumah tangga yang biasanya menyebabkan tagihan listrik membengkak yang harus Anda ketahui.

Dengan mengetahui alasan tagihan listrik tidak wajar yang Anda alami, Anda dapat menekan tagihan listrik di masa mendatang. Jangan lupa untuk membayar tagihan tepat waktu.

Semoga tips dari Distributor Lampu Philips ini bermanfaat bagi Anda!

Jangan lupa baca juga artikel menarik kami lainnya.