Sep
15
2013

Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Halaman About Me

Mayoritas blog, memuat halaman About Me. Atau semacamnya, seperti, About This Blog, About, The Author, etc. Dimana secara harafiah dapat diartikan Tentang Aku atau Tentang Blog bersangkutan. Sebagian menggunakan widget standar milik blogger dan beberapa diantaranya ditulis atau dibuat pada halaman mandiri/khusus.

Pada widget standar bawaan blogger, About Me secara otomatis akan Menampilkan informasi tentang diri Anda kepada pengunjung. Dan settingnya diatur pada dashboard blogger itu sendiri.

Sedangkan, pada About Me yang dibuat pada halaman khusus, biasanya, ditulis informasi lengkap tentang diri blogger dan deskripsi menyangkut konten pada blog bersangkutan. Baik tutorial yang menyertakan navigasi untuk pengunjung, maupun tentang konten yang tersedia didalamnya.

Cara membuat, fungsi, dan manfaat halaman About Me
Tampilan About Me yang ditulis pada halaman mandiri

Pada umumnya, pengunjung cukup penasaran untuk membuka halaman tersebut, untuk mengetahui lebih lanjut tentang pemilik blog dan blog bersangkutan. Apalagi pengunjung dari kalangan blogger sendiri. Dimana biasanya suka membangun jaringan blog dan mencari teman blogger baru. Minat untuk membaca About Me akan lebih kuat.

Fungsi About Me pada Blog

About Me bukan hanya sekedar pemanis tampilan template blog. Atau hanya sekedar jual tampang (eksisDOTcom) untuk pemilik. Selain untuk transparansi, konten tersebut berfungsi sebagai media penjalin kedekatan antara penulis dengan pembaca blog bersangkutan. Walau, tidak sedikit blogger yang “misterius” untuk tidak menampilkan jati diri sang penulis. 
Selain itu, seperti pada penjelasan awal, About Me dapat digunakan sebagai halaman yang mengulas secara lengkap deskripsi blog serta menulis secara detil gambaran artikel atau konten yang dimuat pada blog. Maka, About Me juga dapat berfungsi untuk mengdongkrak SEO. Walau dalam hal ini, saya tidak tahu persis seberapa kuat kemampuan deskripsi pada halaman About Me mampu menarik robot untuk memicu posisi blog dimata search enggine. 
Akan tetapi, bagi beberapa webmaster profesional, menyarankan, sebelum blog dibuat harus mempunyai landasan konsep yang kuat. Sehingga mampu menembus persaingan super ketat TOP 10 di search enggine. Salah satunya, melalui langkah awal mem-posting About Me yang menulis deskripsi lengkap blog bersangkutan, untuk diperkenalkan dengan mesin pencari.

Artinya, fungsi About Me yang disusun dan tulis dengan konsep yang kuat akan mendongkrak SEO.

Manfaat About Me pada Blog

Jika melihat fungsi About Me, jelas kueri tersebut sangat bermanfaat bagi sebuah blog. Selain itu, ketika About Me dirancang dengan baik dan terkonsep, bermanfaat menjadi resepsionis bagi blog kita. Sehingga tercipta keakraban antara pengunjung dan pemilik blog. 

Secara profesional, pemilik blog yang memperkenalkan diri secara baik akan lebih mendapat perhatian khusus dari pengunjung. 

Cara Membuat About Me pada Blog

Ketika kita mengetahui fungsi dan manfaat About Me, mungkin hal yang pertama terpikirkan adalah; Bagaimana cara membuat About Me yang baik?
Pada artikel ini, saya hanya memfokuskan cara pembuatan About Me yang ditulis pada halaman khusus. Sedangkan untuk Profil/About Me menggunakan widget standar blogger, saya kira sudah cukup paham. Yakni melalui Penambahan Gadget melalui edit Tata Letak dashboard blog.
Adapun mengenai isi halaman “About Me” sebenarnya tergantung preferensi pribadi masing-masing blogger, tetapi setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk dimasukkan:
  • Foto: Sekalipun banyak blogger yang sering “ngumpet” dengan tidak mencantumkan selembar fotopun di blognya, namun pengunjung blog kita biasanya sangat penasaran untuk melihat foto penulis tulisan yang sedang mereka baca.
  • Tujuan ngeblog/blogging: Uraikan secara jelas tujuan dari blog sahabat, ia bercerita tentang apa? Dan apa yang akan didapatkan pembaca darinya?
  • Pekernalkan diri: Biasanya perkenalan singkat saja. Tetapi, khususnya pada uraian tentang pengalaman para blogger dengan topik yang dituliskan di blog. Mengapa mereka harus membaca? Apa konteks dan latar belakang para blogger?
  • Perkenalkan tentang ngeblog: Pengunjung blog, khususnya yang datang dari search engine seperti Google, biasanya belum bayak tahu tentang blog, misalnya tentang RSS, pentingnya komentar, etc. Jadi di halaman About Me sebaiknya dikenalkan sedikit tentang dunia blogging atau setidaknya ada link ke artikel/postingan tentang itu. Selain itu mereka juga bisa diarahkan ke tulisan tertentu di blog Anda yang merupakan tulisan kunci di blog Anda. Hal ini termasuk bagian dari cara membangun sistem link internal diblog.
  • Contact Details: Pertimbangkanlah untuk memberikan cara bagi para pembaca untuk bisa berkomunikasi dengan Anda. Lagi-lagi ini tentang transparansi dan interaktifitas.

Selain dari beberapa point tersebut diatas, hendaknya, penulisan About Me menggunakan bahasa yang komunikatif. Dan, sertakan deskripsi lengkap berupa rangkaian kata kunci/keyword dalam kalimat artikel. Serta bangun link internal diblog yang besangkutan dengan artikel About Me tersebut.

Saya kira cukup disini penjelasan Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Halaman About Me, jika ada yang kurang atau malah lebih, sangat diharapkan saran dan pendapatnya. Semoga bermanfaat.

Contoh About Me : Disini