Sep
17
2020

Fungsi Turbojet Aerotor

Hanya sebagian orang yang tahu apa itu aerotor dan fungsinya. Bagi orang awam istilah aerator dikaitkan dengan pengolahan air kolam hingga waduk. Faktanya, aerotor juga dapat digunakan pada sistem instalasi pengolahan air limbah atau IPAL. Referensi aerotor terbaik salah satunya adalah Turbojet Aerotor dari Toya Arta Sejahtera.

Pada prinsipnya Aerator Turbojet ini bekerja untuk mensuplay kebutuhan oksigen yang ada pada kolam air atau kolam limbah. Adapun proses suplay udara dilakukan supaya kadar oksigen yang larut dalam IPAL yakni Disolved Oksigen (DO) terbentuk.

DO ini dibutuhkan oleh bakteri-bakteri baik yang menunjang kehidupan makhluk hidup lainnya. Ketika bakteri-bakteri baik memperoleh cukup udara akan berdampak pada kemampuan menguraikan kandungan organik dari air limbah. Sehingga zat-zat kimia dalam air limbah dapat dinetralisir dan dibuang sesuai batasan kualitas.

Aplikasian Turbojet Aerator 

Sudah terbukti berhasil bahwa mesin Turbojet Aerator ini banyak diaplikasikan pada sistem pengolahan air limbah. Dilihat dari operasional dan perawatannya juga tergolong efektif. Berikut ini metode aplikasi pada beberapa sistem IPAL dan lainnya.

1. IPAL Komunal

IPAL Komunal menjadi pilihan tepat apabila digabungkan  dengan kinerja aerotor. IPAL tersebut merupakan instalasi pengolahan air limbah yang digunakan bagi kelompok masyarakat untuk kepentingan bersama.

Biasanya digunakan untuk menampung limbah rumah tangga yang berasal dari pemukiman warga. Limbah dari WC, kamar mandi, dan dapur yang tidak diolah dan dibuang begitu saja juga berdampak buruk terhadap lingkungan. Oleh karenanya, Turbojet Aerotor dibutuhkan agar membuat IPAL Komunal beroperasi lebih optimal.

Penggunaan aerotor inilah yang mendorong mikroorganisme dan bakteri dalam limbah hidup. Sehingga mikroorganisme maupun bakteri dapat bekerja secara maksimal untuk mempercepat proses pembusukan. Hasil akhirnya limbah dapat terurai sesuai ambang batas ideal dan aman bagi lingkungan sekitar.

Aerator Turbojet tergolong sebagai poduk yang paling bagus dalam menghasilkan supplay oksigen. Khususnya diperuntukkan supaya mikroorganisme dan bakteri berkembang biak. Mesin aerotor cukup satu saja dipasangkan pada sistem IPAL dan mampu bekerja selama bertahun-tahun.

2. IPAL Rumah Sakit

Bukan rahasia lagi semua rumah sakit memproduksi berbagai limbah setiap harinya. Baik itu berasal dari pasien, laboratorium, WC, dapur, dan lainnya. Solusi mengolah limbah rumah sakit agar aman bagi lingkungan dan meminimalisir dampak negatif dengan sistem IPAL Rumah Sakit.

Sama halnya dengan IPAL Komunal, Turbojet Aerator juga diaplikasikan dalam IPAL Rumah Sakit. Adapun fungsi utama dari aerotor mampu meningkatkan kinerja bakteri aerob untuk menanggulangi dan menanggulangi limbah. 

Pemerintah juga menetapkan standar mutu dan kualitas rumah sakit juga tergantung dari sistem IPAL yang digunakan. Oleh karenanya pembangunan IPAL Rumah Sakit dituntut agar aman bagi lingkungan sekitar. 

3. Aerator Kolam atau Waduk

Memang umumnya Turbojet Aerotor digunakan pada sistem IPAL agar mengolah limbah cair lebih optimal. Namun ternyata dapat juga digunakan untuk mengolah waduk atau air kolam.

Khususnya pada kolam dan waduk yang digunakan sebagai budidaya ikan sungai atau air tawar. Pasalnya aerotor dapat menghasilkan pasokan oksigen yang melimpah dalam air kolam. Ikan-ikan dan makhluk hidup dalam kolam maupun waduk akhirnya dapat berkembang biak secara optimal karena kebutuhan oksigen terpenuhi.

Turbojet Aerotor dapat bekerja maksimal pada semua kedalaman dan ketinggian kolam. Intinya supply oksigen yang dibentuk dapat mencapai kedalam air kolam hingga 6 meter. Jadi, dapat dipastikan budidaya ikan di kolam dan waduk dapat berkembang biak secara pesat.

4. WWTP Pabrik

Mesin aerator ini juga dapat digunakan pada Waste Water Treatment Plant atau WWTP pabrik. Semua pabrik tentu menghasilkan limbah setiap harinya, sehingga juga memerlukan pengolahan air yang baik.

Penggunaan aerator dari Turbo Jet membuat pengolahan limbah menjadi lebih efektif dan efisien. Apalagi dengan menggunakan aerotor tidak memakan banyak lahan dan mempercepat proses mengolah limbah cair.

Turbojet Aerotor juga menerapkan teknologi aerasi. Hasilnya bau tidak sedap yang bersumber dari air limbah dapat berkurang bahkan menghilang. Disamping itu, adanya aerator juga membuat bakteri aerob berkembang biak secara baik. 

Oksigen dari aerator juga mempengaruhi penurunan konsentrasi  zat organik yang ada dalam limbah secara cepat dan efisien. Pemerintah juga merekomendasikan pemasangan Turbojet  pada WWTP pabrik.

Keunggulan Turbo Jet Aerator 

Turbojet Aerotor juga memiliki beragam keunggulan sehingga layak dipilih, antara lain:

1. Pemasangan Mudah

Aerotor turbojet ini mudah dipasang, jadi tidak ada biaya tambahan dan membutuhkan banyak tenaga profesional.

2. Perawatan Praktis

Segi perawatannya juga tergolong praktis dan tidak membutuhkan biaya besar. Biasanya perawatan komponen dilakukan 1-2 tahun sekali.

3. Murah Bukan Murahan

Menyoal harga jual aerotor juga tergolong murah dan bersahabat jika dibandingkan produk lainnya. Terlebih lagi dilengkapi jaminan garansi resmi selama 2 tahun. Apabila aerotor mengalami kerusakan maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

4. Tidak Memerlukan Pipa Dibawah Air

Aerotor turbojet ini tidak memiliki tambahan pipa untuk dipasangkan pada bagian bawah air limbah. Jadi, cukup menggunakan mesin aerotor saja sudah terpenuhi standar operasional.

Keunggulan-keunggulan tersebut dapat Anda rasakan jika menggunakan Turbojet Aerotor. Mesin berkualitas ini sudah dipercayai oleh masyarakat dan pemerintah. Dibarengi juga dengan pemantauan pada saat operasionalnya.

Turbo Jet Aerotor Pilihan Terbaik

Memilih aerotor juga harus berhati-hati, karena tidak sedikit orang yang tertipu. Toya Arta Sejahtera menyediakan Turbojet Aerator berkualitas dan ideal. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website resmi Toya Arta Sejahtera.

Ada juga layanan Konsultan dan Jasa Kontraktor IPAL, WTP, WWTP, STP, hingga Pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah Cair. Pemasangan dan pengerjaan dilakukan oleh tangan profesional yang tergabung dalam suatu tim solid.

Toya Arta Sejahtera juga berpengalaman mengerjakan proyek besar maupun kecil. Seperti memenuhi kebutuhan personal, pemerintah, industri, pabrik, rumah sakit, dan hotel. Melayani kebutuhan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Cikarang, Bekasi, Purwakarta, Serang, dan seluruh wilayah di Indonesia.