Nov
07
2020

Jenis-jenis Pembayaran Digital yang Populer

Jenis-jenis Pembayaran Digital yang Populer

Jenis-jenis Pembayaran Digital yang Populer – Kemajuan teknologi yang begitu dasyat telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Salah satu hal yang berubah adalah dalam transaksi keuangan. Sebelumnya masyarakat harus menggunakan uang tunai untuk membeli dan membayar sesuatu, sekarang sudah tidak perlu.

Orang sudah banyak yang meninggalkan transaksi tunai dan beralih ke transaksi non tunai. Dengan sistem seperti ini, orang tidak perlu lagi membawa uang tunai di dompet atau tas ketika ingin membeli dan membayar sesuatu.  Jenis transaksi ini lebih dikenal dengan sebutan digital payment atau pembayaran digital.

Apa itu Pembayaran Digital?

Pembayaran digital adalah metode pembayaran yang menggunakan media teknologi untuk melakukan pembayaran. Media itu antara lain SMS, mobile banking, internet banking, dompet digital, dan masih banyak lagi. Semua aktivitas tersebut hanya bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik bernama smartphone.

Metode pembayaran ini digunakan setiap hari karena dianggap lebih aman, efektif dan efisien. Kita tidak perlu lagi keluar rumah hanya untuk mendapatkan uang tunai di ATM dan membayar segala jenis tagihan. Dengan pembayaran digital, aktivitas seperti bayar listrik, air, isi ulang pulsa, dan lainnya kini bisa dilakukan melalui gadget dari rumah.

Kita mungkin sudah mengenal banyak alat pembayaran digital baik untuk pembayaran lokal maupun internasional. Untuk lokal kita punya seperti Doku, Sakuku, atau Dana. Untuk internasional kita mengenal Paypal, Stripe dan masih banyak lagi. Untuk melakukan pengisian saldo bagi aplikai-aplikasi ini juga amat mudah. Contohnya kita ingin mengisi dana Paypal, kita tinggal mengunjungi situs yang  jual saldo Paypal.

Apa Keuntungan Pembayaran Digital?

Pembayaran jenis ini sudah sangat populer di kalangan banyak orang. Ini terjadi  karena jenis pembayaran ini menawarkan banyak manfaat bagi kehidupan. Lalu apa saja kelebihan pembayaran digital ini?

1. Pembayaran digital bisa kapanpun dan dimanapun

Jika orang ingin melakukan transaksi di suatu tempat, tentu mereka punya waktu terbatas sebab untuk menuju tempat itu membutuhkan waktu. Hal ini sangat berbeda dengan pembayaran digital, dimana pembayaran bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun. Selama gadget terkoneksi dengan internet, pembayaran ini tetap bisa dilakukan.

Jika Anda selalu sibuk dengan pekerjaan dan tidak punya waktu untuk pergi ke tempat Anda membayar listrik misalnya, buka saja smartphone Anda dan lakukan pembayaran secara online di sana. Benar-benar sangat nyaman, bukan?

2. Pembayaran digital lebih aman dari uang tunai

Dewasa ini hal itu sering sekali terdengar pemberitaan tentang merebaknya uang palsu di masyarakat. Jika seseorang tidak berhati-hati dalam bertransaksi tunai, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi korban dari uang palsu tersebut. Hal ini tentunya sangat merugikan.

Nah, hal seperti ini dapat dihindari dengan pembayaran jenis ini. Orang tidak perlu lagi menebak-nebak apakah uang yang mereka pegang itu asli atau palsu. Dengan sistem keamanan tinggi yang ditawarkan oleh penyedia layanan pembayaran digital, transaksi dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

3. Menghemat waktu dan tenaga

Selama beberapa tahun terakhir, Anda mungkin pernag mengalami harus mengantri panjang untuk membayar tagihan. Nah, dengan metode pembayaran ini, Anda tidak akan mengalami hal ini lagi. Pembayaran Anda dapat segera diselesaikan dalam waktu singkat.

Selain Anda dapat menghemat waktu, Anda juga dapat menghindari rasa lelah dan menghabiskan banyak energi hanya untuk hal-hal kecil. Maksimalkan gadget Anda untuk mengunduh aplikasi pembayaran digital sehingga Anda akan akan banyak memiliki waktu di rumah.

Baca juga: Bisnis Les Private Jakarta: Alasan, Hambatan, dan Strategi

4. Berbagai macam produk

Dengan pembayaran digital ini Anda dapat melakukan banyak pembayaran. Hanya dengan satu aplikasi, semua yang perlu dibayar dapat dengan mudah Anda tangani hanya dalam hitungan menit. Selain itu, dengan hadirnya pembayaran digital ini, belanja online menjadi sangat mudah.

Jenis-jenis Pembayaran Digital

Setelah Anda mengetahui manfaat dan kemudahan melakukan pembayaran digital, Anda juga perlu mengetahui metode pembayaran mana yang paling mudah dan populer. Berikut kami rekomendasikan berbagai jenis pembayaran digital yang populer di Indonesia.

1. mobile banking

Bank-bank besar di Indonesia (khususnya bank pemerintah) umumnya memiliki fitur mobile banking yang dapat diunduh melalui smartphone. Aplikasi mobile banking ini berguna untuk melakukan aktivitas keuangan termasuk pembayaran digital.

Cukup unduh aplikasi mobile banking dari bank tempat Anda menyimpan uang dan ikuti prosesnya sesuai aturan masing-masing bank. Biasanya Anda harus mengaktifkan mobile banking dengan mendatangi langsung ke cabang bank terdekat. Setelah itu Anda akan dapat dengan mudah mengakses semua fungsi mobile banking.  Anda dapat mendownload berbagai aplikasi mobile banking bank dari Play Store atau App Store.

2. SMS banking

SMS banking juga merupakan layanan transaksi keuangan lain yang ditawarkan oleh bank. Nomor ponsel Anda diperlukan dalam hal ini. Hal ini penting karena transaksi perbankan yang dilakukan dengan SMS Banking dilakukan melalui fitur SMS. Dengan SMS banking, Anda juga dapat membayar secara digital.

Anda harus mendaftarkan nomor terlepon Anda terlebih dahulu ke bank tempat Anda menyimpan uang Anda, agar nomor Anda bisa digunakan untuk melakukan transaksi ini. Setelah itu Anda lakukan, gunakan UMB (USSD Menu Browser) *141# untuk melakukan berbagai pembayaran melalui SMS banking Anda.

3. internet banking

Ini juga merupakan layanan transaksi keuangan lain yang ditawarkan oleh bank. Untuk mengaktifkan layanan ini, Anda harus pergi ke bank dengan ID yang valid, buku tabungan, kartu ATM dan alamat email yang aktif.

Ketika semua proses telah selesai, Anda sudah dapat membayar berbagai macam pembayaran dengan menggunakan jaringan internet.

4. Uang elektronik (e-money)

Uang elektronik (e-money) adalah layanan keuangan yang memungkinkan segala jenis pembayaran Anda dapat diproses secara digital. Layanan ini adalah sebuah layanan yang paling populer saat ini. Salah satu ciri dari layanan keuangan yang dikenal dengan uang elektronik adalah penggunaan internet setiap kali melakukan. Ciri khas lainnya penyetoran melalui transfer.

Uang elektronik hadir untuk memenuhi kebutuhan layanan pembayaran non tunai. Banyak yang menduga bahwa layanan ini akan menjadi layanan masa depan yang akan menggantikan teknologi layanan pembayaran non tunai lainnya.

Di Indonesia sudah banyak perusahaan yang memperkenalkan uang elektronik. Namun, perusahaan penyedia uang elektronik resmi harus terdaftar di Bank Indonesia. Dengan kata lain, layanan e-money harus memiliki izin penyelenggaraan e-money dari Bank Indonesia.