Mar
18
2021

Mengenal Sejumlah Tokoh Penemu Mesin Slot Di Masa Lalu, Cikal Bakal Mesin Slot Modern

Mengenal Sejumlah Tokoh Penemu Mesin Slot Di Masa Lalu, Cikal Bakal Mesin Slot Modern

Mesin slot adalah salah satu mesin permainan yang memiliki sejarah panjang. Mesin ini telah  populer dan dimainkan sejak tahun 1890-an. Namun tahukah kamu siapa tokoh penemu mesin slot ini?

Jika kamu melakukan sejumlah penelusuran, banyak sumber yang menyebutkan bahwa mesin slot pertama kali muncul pada tahun pada periode tahun 1895-an, dimana Charles Fey menjadi tokoh yang memperkenalkan permainan ini. Namun hal ini sebenarnya merupakan informasi yang kurang tepat.

Penemu Mesin Slot Generasi Pertama

bandar judi bola online
Sumber gambar: http://xugo.org/

Berdasarkan informasi dari halaman wikipedia berbahasa inggris, mesin slot pertama kali diciptakan pada tahun 1891. Adapun penemu mesin slot pertama tersebut adalah dua orang asal New York bernama Sittman dan Pitt.

Namun sayangnya, kami tidak menemukan informasi detail mengenai kedua orang yang menjadi penemu mesin slot generasi pertama tersebut. Kala itu Sittman dan Pitt mengembangkan mesin slot yang didasarkan pada permainan poker. 

Mesin slot generasi pertama ini memuat 50 gambar kartu dalam permainan poker. Mesin slot ini dapat dimainkan dengan memasukkan koin nikel ke dalamnya. Untuk menaklukan mesin slot ini, pemain harus mendapatkan deretan gambar yang sama pada bar (display/layar) mesin slot ini.

Mesin slot ini pun langsung mencuri banyak perhatian dan membuat banyak pengelola bar yang meletakkannya di bar mereka sebagai sarana hiburan bagi para tamu. Meskipun sangat populer, mesin slot ciptaan Sittman dan Pitt ini sendiri belumlah sempurna, dimana mesin ini memiliki sejumlah kelemahan fatal.

Salah satu kelemahan tersebut terkait dengan winrate (peluang kemenangan) yang ditawarkan oleh mesin slot ini. DIkarenakan banyaknya jumlah gambar di dalam mesin slot ini (50 gambar), peluang kemenangan dari mesin slot ini pun terbilang sangat kecil.

Tidak hanya itu, mesin slot generasi pertama ini juga belum menggunakan sistem mekanisme pembayaran otomatis. Hadiah yang dikeluarkan dari mesin slot ini baru hanya berupa slip atau struk yang nantinya dapat ditukarkan dengan hadiah.

Penemu Mesin Slot Generasi Kedua

Penemu Mesin Slot
Sumber gambar: https://www.wizardslots.com/

Setelah kemunculan mesin slot ciptaan Sittman dan Pitt pada tahun 1891, barulah sosok Charles Fey muncul ke permukaan. 

Charles Fey adalah seorang engineer asal San Fransisco yang telah akrab dengan dunia perbengkelan dan mekanik sejak ia masih di usia belia. Kembali mengutip informasi dari wikipedia berbahasa Inggris, disebutkan bahwa Charles Fey sangat mengagumi mesin slot buatan Sittman dan Pitt.

Hal tersebutlah yang membuatnya tertarik untuk menciptakan mesin slot yang jauh lebih sederhana daripada temuan Sittman dan Pitt. Pada tahun 1895, Charles Fey pun berhasil mewujudkan ambisinya dan berhasil membuat mesin slot generasi kedua yang jauh lebih sederhana daripada versi generasi pertama. 

Berbeda dengan mesin slot generasi pertama, mesin slot buatan Charles Fey hanya menggunakan 5 gambar di dalamnya yakni tapal kuda, hati, berlian, sekop dan Liberty Bell. 

Pada mesin slot ciptaan Charles Fey ini, hadiah terbesar akan didapatkan apabila pemain berhasil mendapatkan 3 deret gambar liberty bell. Hal tersebut juga yang menjadi latar cerita mengapa mesin slot generasi kedua ini dikenal dengan nama Liberty Bell di masa lalu.

Mesin slot Liberty Bell pun dengan cepat menjadi populer pada periode tahun 1895 hingga tahun 1900-an. Namun popularitas mesin slot Liberty Bell ini perlahan menurun setelah tahun 1900-an, lantaran banyaknya produsen mesin slot yang menjiplak ide mesin slot milik Charles Fey ini.

Sekian beberapa ulasan dari kami mengenai sejumlah tokoh penemu mesin slot di masa lalu. Semoga ulasan yang kami sampaikan ini dapat menghibur dan memperluas pengetahuan umum mu. Terima kasih.

Mungkin Anda tertarik: Kumpulan Game Domino Yang Asyik Untuk Dimainkan Di Waktu Luang