Nov
21
2020

Rekomendasi Alat Safety yang Sesuai dengan Standard K3

Rekomendasi Alat Safety yang Sesuai dengan Standard K3

Rekomendasi Alat Safety – Untuk profesi tertentu, alat safety menjadi perlengkapan wajib pakai demi kelancaran pekerjaan sekaligus demi keselamatan jiwa masing-masing pekerja.

Alat safety ini dibuat sebagai aset pelindung yang telah disesuaikan dengan standard K3, yaitu standard Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Ketentuan ini bahkan telah diatur dalam perundangan, terutama Undang-Undang Ketenagakerjaan. 

Baik pejabat perusahaan maupun pekerja harus mengetahui item alat safety secara detail lengkap dengan fungsinya. Mereka juga wajib tahu daftar alat safety yang sesuai dengan standard K3 yang berlaku, termasuk dalam hal ini adalah merk atau brand yang pastinya menentukan kualitas. 

Alat safety yang biasa dijumpai di toko alat safety merupakan alat yang dirancang secara khusus untuk memberi perlindungan kepada para pekerja yang berisiko cidera atau terluka selama berada di lokasi kerja.

Rekomendasi Alat Safety – Alat safety ini terdiri dari beberapa item. Dan masing-masing item memiliki fungsi perlindungan yang berbeda, seperti perlindungan tubuh, muka, mata, telinga, tangan, kaki, kepala, dan lain sebagainya. Informasinya detailnya bisa Anda simak di bawah ini. 

Safety Helmet Alias Helm Keselamatan

Safety Helmet Alias Helm Keselamatan

Safety helmet ini merupakan bagian dari alat safety yang berfungsi untuk melindungi area kepala dari risiko benturan benda keras, pukulan, atau tumburan akibat benda keras atau benda tajam.

Ada juga tipe helm keselamatan yang fungsinya tidak hanya melindungi kepala dari risiko-risiko di atas, melainkan juga melindungi kepala dari paparan radiasi, panasnya api, percikan larutan kimia, ataupun suhu yang ekstrem. Untuk profesi dengan risiko kecelakaan rendah, pelindung kepala yang digunakan bisa berupa topi saja. 

Tali Keselamatan dan Sabuk Pengaman

Tali Keselamatan dan Sabuk Pengaman

Kedua alat safety ini umumnya dipakai secara bersamaan. Sabuk pengaman berfungsi membatasi gerak pemakai agar terhindar dari risiko terjatuh atau terlepas. Ada beberapa profesi yang mengharuskan berada di posisi yang membahayakan.

Baca Juga: Kecelakaan Kerja Konstruksi

Misal, posisi miring atau posisi di antara celah yang sempit. Adapun beberapa bagian dari sabuk pengaman, yaitu safety rope, harness, dan lanyard. Sabuk pengaman ini biasanya dipakai dengan alat-alat pendukung seperti rope clamp, carabiner, dan decender. 

Sepatu Boot

Sepatu Boot

Sepatu boot sebagai pelindung kaki dari benturan benda keras, sayatan benda tajam, dan kontaminasi zat-zat berbahaya ini dapat dengan mudah dibeli di berbagai toko alat safety. Meski sama-sama memiliki fungsi sebagai pelindung kaki, sepatu boot ini berbeda dengan sepatu pelindung.

Sepatu boot di sini dapat memberikan perlindungan lebih optimal karena dapat melindungi kaki bagian bawah hingga ke bagian betis sekaligus tulang kering, sedang sepatu pelindung hanya memberi perlindungan sebatas pada bagian bawah dan punggung kaki. 

Sepatu Pelindung atau Safety Shoes

Sepatu Pelindung atau Safety Shoes

Sama seperti sepatu boot, safety shoes di sini juga berfungsi melindungi kaki dari risiko benturan , tertusuk benda tajam, tertimpa benda berbobot, atau terkena larutan bersuhu ekstrem. Agar fungsi proteksi optimal, sebaiknya pilih safety shoes yang berkualitas.

Ada banyak pilihan safety shoes berkualitas dapat dibeli di toko alat safety terbaik di kota Anda. Macamnya pun cukup banyak. Sebut saja safety shoes yang anti-selip, anti-panas, anti-bahan kimia, anti-dingin, bahkan ada produk safety shoes anti-setrum. 

Masker 

Masker

Rekomendasi Alat Safety, Ada banyak varian masker yang bisa Anda jumpai di toko alat safety. Misalnya saja masker jenis respirator, canister, katrit,  dan lain sebagainya. Masker ini cukup efektif melindungi organ dan saluran pernafasan dari mikroorganisme, cemaran zat-zat kimia, debu, asap, uap, aerosol, dan gas.

Dengan memakai masker di area kerja yang rawan dengan debu, asap, aerosol, gas, vemaran zat kimia, dan lain sebagainya, udara yang masuk ke dalam paru-paru pemakai adalah udara bersih yang sebelumnya telah melalui proses penyaringan. 

Penutup Telinga

Penutup Telinga

Alat safety untuk telinga ini terdiri dari dua pilihan, yaitu alat sumbat telinga alias ear plug dan alat penutup telinga alias ear muff. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu mengurangi polusi suara dan tekanan. 

Kacamata Pelindung

Kacamata Pelindung

Alat safety yang berupa kacamata pelindung ini juga memiliki peran yang sangat penting. Mata adalah salah satu bagian tubuh yang sangat vital untuk segala jenis profesi. Untuk melindungi kedua mata dari risiko kecelakaan kerja, para pekerja di lingkungan kerja berisiko wajib memakai kacamata pelindung ini.

Ada banyak fungsi dari kacamata pelindung ini. Misal, pelindung mata dari tusukan benda-benda tajam, benturan benda keras, menghalangi paparan sinar atau cahaya yang dapat langsung mengenai mata, benda atau partikel panas, pecahan benda-benda, cipratan cairan kimia, uap panas, asap, dan masih banyak lainnya. 

Sarung Tangan dan Pelindung Wajah

Sarung Tangan dan Pelindung Wajah
Sarung Tangan dan Pelindung Wajah

Sarung tangan, sebagai salah satu Rekomendasi Alat Safety menjadi bagian perlengkapan kerja yang sangat penting. Sarung tangan memang dibuat untuk melindungi kedua tangan dari larutan bahan-bahan kimia berbahaya, radiasi langsung, suhu ekstrem, benturan benda keras, dan ancaman mikro organisme yang bersifat patogen. 

Sedang face shield di sini digunakan untuk melindungi seluruh area wajah. Face shield ini terdiri dari tabir atau pelindung dari plastik transparan, pengait yang elastis dan semacam penutup kepala. Face shield ini biasanya dipakai bersamaan dengan pakaian pelindung, sepatu boot, masker, goggles, dan sarung tangan.