Tips Mengurangi Stres Saat Travelling

mengurangi stres

Sebagai seorang manusia pada umumnya akan merasa bosan dan suntuk ketika melakukan pekerjaan yang sama dan berulang setiap harinya. Begitu juga dengan pekerjaan yang menumpuk dengan suasana kerja yang tidak mendukung. Ataupun ketika kita terpaksa beraktivitas dalam keadaan tertekan. Berbagai hal di atas tentunya pernah kita alami dan bila terus-menerus terulang akan berujung pada stress. Itulah mengapa anda harus mengurangi stres melalui berlibur.

Stres menurut Kamus Besar Berbahasa Indonesia (KBBI)  merupakan keadaan dimana adanya gangguan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar. Tentunya kita tidak bisa tinggal diam saja bila mulai merasakan gejala yang merujuk pada stres. Biasanya kita cenderung merencanakan liburan sebagai sarana menghibur diri. Namun, sembari berlibur, ada beberapa hal juga yang dapat kita lakukan bersamaan dengan liburan untuk mengurangi stres. Dalam artikel kali ini kami akan berikan beberapa tips ampuh mengurangi stres saat travelling. Mari kita simak ulasan berikut ini!

Mencari Hobi

Hobi merupakan kesenangan atau kegiatan yang menjadi kesenangan ketika kita melakukannya. Hobi manusia ada berbagai macam. Mulai dari yang ringan seperti bersepeda santai hingga yang berat seperti menunggang kuda. Ada juga hobi yang sekaligus berfungsi untuk menambah pengetahuan, seperti membaca buku atau mempelajari Bahasa asing.  

Berbagai macam hobi ini bisa kita jadikan sebagai pelepas penat kita sekaligus sebagai kegiatan yang menyenangkan saat travelling. Misalnya bagi mereka yang memiliki hobi di bidang kuliner, dapat menyalurkan hobi mereka sambal berlibur ke suatu tempat. Maka kita bisa berlibur sekaligus melakukan hobi untuk mengurangi stres saat travelling.

Bersosialisasi

Tips ampuh mengurangi stres saat travelling yang selanjutnya berkaitan dengan komunikasi. Sembari melakukan rekreasi, berkomunikasi dapat dilakukan dengan cara bercerita dan berbagi keluh kesah kepada orang yang kita percaya. Kepada teman ataupun sahabat, bahkan juga keluarga dan kerabat.

Berkomunikasi atau curhat kepada orang terdekat dapat membantu kita melepas beban dari diri sendiri dan lebih merasa lega setelahnya. Tidak hanya itu, kita juga dapat menerima berbagai macam nasihat dan masukan dari orang terdekat mengenai masalah yang kita hadapi. Dalam perjalanan ke tempat tujuan berlibur, luangkan waktu untuk berbagi kisah dengan rekan travelling dan mendengar pendapat mereka.

Lakukan Meditasi

Melakukan meditasi merupakan tips ampuh menghilangkan stres yang paling mudah untuk dilakukan. Meditasi dapat dilakukan dengan berbagai cara dan dalam berbagai keadaan, termasuk saat anda sedang travelling. Carilah informasi tentang jenis meditasi yang akan anda lakukan dan berbagai manfaatnya di internet ataupun media sosial lainnya.

Selain itu di era digital ini, sudah terdapat banyak aplikasi yang dapat membantu kita melakukan meditasi dengan benar. Selain mengatasi stres, melakukan meditasi juga dapat membantu melatih konsentrasi kita. Serta juga dapat membuat sistem pernapasan kita teratur dan tekanan darah kita menjadi normal. Lakukanlah meditasi sebelum memulai acara liburan, dan dijamin liburan anda akan bebas dari stres.

Pemijatan

Tips yang selanjutnya adalah melakukan pemijatan. Menurut beberapa penelitian, pemijatan dapat mengusir stres karena terjadi perubahan biokimia tubuh setelah mendapat sentuhan tangan. Bahkan, penelitian menemukan bahwa hormon stres bisa berkurang hingga 53%.  Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil studi terhadap 500 pria, wanita dan anak-anak yang diketahui menderita stres. Sambil melepas penat perjalanan, anda juga dapat melakukan pemijatan saat travelling guna mengurangi stres.

Rutin Berolahraga

Berlibur tentunya bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Sambil berlibur, kita juga dapat memanfaatkan waktu untuk berolahraga. Kebanyakan orang mudah mengalami stres karena kurang berolahraga sehingga badan mudah lelah. Berolahraga selain membantu mengurangi stres, juga dapat melatih tubuh agar tidak mudah lelah saat beraktivitas.

Tidak hanya itu, rutin berolahraga juga dapat menjaga pola makan dan pola tidur kita agar tetap teratur dan semakin sehat. Olahraga yang dapat dilakukan pun sangat beragam. Mulai dari berenang, bersepeda, jogging, yoga, dan masih banyak lagi.  Oleh karena itu, berolahraga merupakan kegiatan yang tepat dilakukan untuk mengurangi stres saat travelling.

Menghirup Wewangian

Aroma memiliki efek yang sangat mempengaruhi emosi manusia sebab indra penciuman merupakan indra yang berhubungan dengan sistem limbik sebagai pusat kendali emosional dalam otak manusia. Wewangian yang digunakan bisa berupa lilin aromaterapi ataupun wewangian tradisional yang diracik sendiri.

Salah satu aromaterapi yang sering digunakan masyarakat umum adalah aroma lavender. Aroma lavender diketahui dapat memperlambat kerja otak yang sebelumnya sangat cepat akibat stres. Hal inilah yang menyebabkan lavender sangat cocok untuk dijadikan wewangian bagi tubuh maupun ruangan.

Menyewa Kendaraan Untuk Bertualang

Saat akan berlibur, kita bisa menyewa berbagai kendaraan untuk menikmati waktu sendiri. Jika ingin berpergian dengan rombongan, anda juga bisa memilih kendaraan seperti sewa hiace. Ini akan cukup untuk memuat hingga 15 orang. Menyewa kendaraan pribadi sangat menguntungkan dan bisa menjadi keunggulan buat teman teman semua. Menjelajah lokasi wisata alam yang terpencil juga menjadi tujuan favorit banyak turis. Jadi silahkan mencoba tips kami yang satu ini.

Mendengarkan Musik

Musik merupakan salah satu tips ampuh menghilangkan stres. Karena musik dapat kita dengarkan kapan saja dan dimana saja, termasuk saat travelling. Berbagai jenis genre musik pun tersedia dalam genggaman kita. Namun untuk menghilangkan stres, sangat disarankan memilih tipe musik yang ringan dan dengan tempo yang lambat. Seperti musik klasik dan instrumental. Selain menghilangkan stres, musik dengan jenis ini tentunya dapat meningkatkan konsentrasi dalam beraktivitas. Hidupkan musik dengan volume sedang di gawai ataupun radio mobil sehingga dapat mengurangi stres saat travelling.

Menonton Film

Selain mendengarkan musik, menonton film juga menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam mengusir stres. Meluangkan waktu untuk menonton film di akhir pekan bersama orang tersayang dapat membantu kita mengurangi stres. Berbagai jenis film juga tersedia untuk memuaskan keinginan kita. Film komedi merupakan jenis film yang paling disarankan untuk menghibur serta membuat kita tertawa. Yang pasti, kita akan merasa lebih tenang dan rileks setelah menonton film.

Beristirahat

Kebanyakan orang mengalami stres juga dikarenakan istirahat yang tidak cukup. Hal ini bisa saja terjadi karena pekerjaan yang memang menumpuk, ataupun keadaan tubuh yang tidak bisa terlelap. Mengatur pola tidur sedemikian rupa dapat membantu kita mengurangi stres saat travelling. Minum segelas susu juga dapat membantu kita untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan lelap. Selain itu, beristirahat juga membantu memulihkan tenaga kita yang telah terkuras seharian untuk bekerja.

Menikmati Kuliner

Pola makan yang buruk tentu akan berdampak besar terhadap stamina seseorang. Ketika nutrisi yang diperlukan tubuh tidak bisa tercukupi, maka tubuh pun akan semakin mudah lelah dan mudah sakit. Oleh karena itu, tetap jagalah asupan gizi anda saat travelling. Mengkonsumsi buah-buahan dapat membantu melancarkan pencernaan dan membuat lambung sehat. Serat yang baik dari sayur-sayuran juga dapat menunjang pola hidup sehat yang anda lakukan untuk mengurangi stres saat travelling.

Tips di atas adalah beberapa tips ampuh mengurangi stres saat travelling yang dapat kami bagikan dalam artikel kali ini. Bekerjalah secukupnya dan jangan lupa untuk beristirahat. Berolahraga dan pergi berlibur juga dapat membantu anda menyeimbangkan kebutuhan tubuh dengan pekerjaan anda. Semoga tips tersebut dapat membantu anda mengurangi stres saat travelling bersama orang tersayang.