Variasi Permainan Game Solitaire

Variasi Permainan Game Solitaire

Game solitaire adalah salah satu jenis game klasik yang pernah viral di tahun 2000-an. Permainan ini bisa diakses di komputer dan dimainkan dengan mudah. Permainan kartu ini memiliki tujuan untuk menyusun tumpukan kartu dari nilai yang rendah ke tinggi.

Permainan ini tidak sulit dan bisa dimainkan untuk mengisi waktu luang. Bisa kita mainkan secara offline ataupun online. Permainan ini adalah salah satu jenis dari pemainan poker online. Ternyata, selain solitaire mode klasik, masih ada beberapa variasi lain yang merupakan perkembangan dari solitaire. Apa saja itu?

Forty Thieves Solitaire

Forty Thieves Solitaire merupakan salah satu jenis solitaire yang lebih mudah dimainkan. Di sini, pemain bisa melihat kartu dalam setiap tumpukan karena semuanya terbuka. Berbeda sekali bukan dengan solitaire pada umumnya.

Tujuan permainan ini sama dengan solitaire pada umumnya, yaitu membuat tumpukan setiap jenis kartu dalam urutan menaik. Di sini, permainan hanya membutuhkan sebanyak dua set kartu saja.

Penempatan kartu dalam variasi jenis ini biasanya dibagikan dalam sepuluh tumpukan yang masing-masing ada empat buah kartu. Posisi kartu yang diberikan dalam kondisi terbuka semua.

Pemain bisa memindahkan kartu paling atas dari masing-masing tumpukan pada waktu tertentu saja. Ada delapan tempat di bagian atas yang dapat digunakan sebagai tempat penampung. Permainan bisa juga dilanjutkan dengan menaruh kartu teratas dari salah satu tumpukan ke tempat penampung.

Baca juga: Anak Boleh Bermain Game Online Asalkan Jangan Berlebihan, Banyak Bahaya Mengintai

Pilihlah kartu yang berada di kartu tumpukan cadangan di saat yang sama. Di sini, pemain hanya dapat membalikkan satu kartu saja.

Freecell Solitaire

Permainan ini juga cukup populer untuk kalangan permainan komputer. Versi ini merupakan versi solitaire paling sulit dibandingkan yang lain. Tujuan dari permainan ini adalah menumpuk kartu dalam urutan menurun. Selain itu, dalam freecell solitaire, tidak ada tumpukan kartu cadangan.

Permainan bisa dimulai dengan membagikan semua kartu menjadi delapan tumpukan kartu, empat tumpukan kartu memiliki tujuh kartu. Dan empat tumpukan kartu lainnya memiliki enam kartu. Semua kartu tersebut harus dalam keadaan terbuka.

Permainan akan berjalan sama halnya dengan solitaire pada umumnya. Pemain akan menang ketika sudah selesai melakukan tumpukan kartu ini.

Golf Solitaire

Variasi selanjutnya adalah golf solitaire. Versi ini memiliki tujuan untuk memindahkan kartu yang terbuka ada di tujuh tumpukan kartu.

Permainan dimulai dengan membagikan kartu menjadi tujuh tumpukan kartu yang berisi masing-masing lima kartu. Semua kartu yang telah dibagikan harus terbuka, sedangkan semua kartu lainnya harus tertutup di tumpukan kartu cadangan.

Saat sudah dimulai, balikkan kartu teratas dari tumpukan kartu cadangan. Lalu cobalah memindahkan sembarang kartu terbuka dari tujuh tumpukan kartu berdasarkan kartu yang telah dibalik dari tumpukan kartu cadangan.

Ketika kartu sudah tidak bisa dipindah, maka balikkan kartu berikutnya dari tumpukan kartu cadangan dan pindahkan sembarang kartu terbuka yang dapat dipindah dengan kartu baru ini.

Lanjutkan bermain hingga selesai memindahkan semua kartu yang terbuka atau tidak dapat melakukan langkah permainan lainnya lagi.

Pyramid Solitaire

Permainan solitaire yang terkenal salah satunya adalah pyramid solitaire. Permainan ini bertujuan untuk menyingkirkan semua kartu dari piramida dan tumpukan kartu cadangan. Kemudian, taruhlah kartu tersebut di tumpukan kartu buangan dengan membuat pasangan kartu bernilai tiga belas.

Pemain bisa mulai bermain dengan dibagikan 28 kartu dalam keadaan terbuka yang menyerupai piramida. Kartu akan diambil satu per satu dengan hati-hati.

Kemudian buatlah tumpukan kartu cadangan dengan kartu yang tersisa ini. Jangan lupa untuk menyingkirkan kartu dengan berpasangan. Jika tidak ada kartu pasangan, maka kartu cadangan akan dibuka. Lakukan permainan ini hingga kartu habis.

Wah cukup menarik sekali ya variasi permainan solitaire ini. Mana yang menjadi favoritmu?